Jumat,6 Nov 2015 12:01 WIB

Penulis: pewete pewete

Pasang Piringan Rem Cakram Bebek di Skutik 220 mm Lebih Pakem

Foto: OTO-Denta

Pasang Piringan Rem Cakram Bebek di Skutik 220 mm Lebih Pakem



Jakarta
- Makin besar disc brake, makin pakem pula hasilnya. Penting nih buat pembesut skutik yang enggak punya engine brake, meningkatkan performa rem depannya bisa dilakukan dengan pasang piringan cakram yang lebih lebar. Sayangnya, di pasaran umumnya dijual disc brake aksesori yang terlalu lebar, diameternya 260-320 mm.

Buat yang enggan tampil lebay bisa substitusi cakram bebek. Diameternya hanya sedikit lebih besar dari skutik. Diameter piringan rem cakram depan bebek umumnya berukuran 220 mm, sedangkan diameter piringan rem skutik hanya 190-200 mm saja.

Kecuali untuk Yamaha Nouvo, X-Ride, Suzuki Skywave, Spin, Skydrive dan Hayate karena standarnya sudah berukuran 220 mm seperti bebek. “Untuk memasang cakram depan bebek di skutik harus custom bracket pegangan kaliper untuk menyesuaikan diameter piringan yang lebih besar,” jelas Yoko dari bengkel bubut Gajah Mungkur yang berlokasi di Jl. Raya Hankam, Jatirahayu, Pondok Gede, Bekasi. Bracket tersebut bentuknya nyaris sama seperti bawaan motor, hanya saja dimensinya sedikit diperbesar untuk menyesuaikan piringan rem cakram.

Untuk harganya, piringan rem cakram orisinil bebek berkisar Rp 145-170 ribu di bengkel resmi, sedangkan biaya custom bracket kaliper rem sekitar Rp 70-90 ribu di bengkel bubut.

Lebih jelasnya, yuk lihat foto-foto berikut ini. Oiya, dicontohkan pada Honda Vario 125 yang menggunakan piringan rem cakram depan Honda Blade atau Absolute Revo. Bongkar! • (otomotifnet.com)


Custom terbuat dari pelat besi setebal 0,6 mm seperti bracket standar. Dimensinya sedikit lebih besar


Piringan rem cakram skutik standar 190 mm (kiri), piringan rem cakram bebek 220 mm (kanan). Sedikit lebih besar kan?



Untuk pemasangan, siapkan kunci ring 14 dan 19, kunci L bintang 4 dan kunci L6 buat membuka roda serta kaliper rem depan


Untuk pemasangan bracket custom, cukup gunakan kunci L6 dan kunci T12. Kemudian pasang kembali seperti semula


EDITOR

Otomotifnet

Top