Senin,14 Sept 2015 09:56 WIB

Penulis: pewete pewete

Pasang Sakelar Bajaj Pulsar 135 di Yamaha NMAX, Wuih Bisa Nyala

Foto: OTO-Stephan

Pasang Sakelar Bajaj Pulsar 135 di Yamaha NMAX, Wuih Bisa Nyala

Jakarta - Masih ingat ketika banyak pengguna Yamaha Nouvo yang pasang panel sakelar lampu Bajaj Pulsar 135? Jadi lebih keren karena semua lambangnya bisa menyala! Dan kini, virus ini menjangkiti komunitas Yamaha NMAX.

Sakelar model ini jadi incaran, salah satunya dipasang oleh Yusuf Fajar Maulana, dari Kampung Pulo Pinang Ranti, Jaktim. “Keren dan tampilannya jadi lebih elegan dengan sakelar ini,” yakin pria yang mempercayakan pemasangannya pada Gol’s Motor.

“Proses cukup rumit, apalagi skutik ini pakai AHO (Automatic Headlamp On), penyambungan kabelnya harus hati-hati,” jelas Ajat Sujatmika, pebengkel yang gerainya ada di Jl. Masjid Nurul Hidayah, Jaktim sembari memperlihatkan cara pasangnya. Yuk ikuti! . • (otomotifnet.com)


Persiapkan dulu peralatannya. Tentunya butuh satu set sakelar Bajaj Pulsar 135, tang, tang potong, isolasi bakar, isolasi biasa, sekun kabel, kabel biasa yang panjangnya sekitar 50 cm dan kunci pembuka bodi.


Lepas cover stang, lepas sambungan kabel dan juga lepas sakelar orisinalnya. Langkah awal, pasangkan dulu sakelar yang baru pada posisi seperti semula mengurut kabel-kabelnya lebih mudah. Kabel gas yang aslinya dua, kita pakai satu saja karena sakelar ini cuma mempunyai satu buah lubang buat kabel gas.


Karena aslinya lampu langsung menyala pada saat putar kontak, maka pada kabel lampu depan bisa dibuatkan sakelar ON/OFF. Masih pada area ini, sekalian dibuatkan juga kabel baru untuk mengaktifkan engine cut off yang diambil dari kabel kunci kontak, posisinya ada di atas lampu utama. Ajat juga membuat jalur kabel baru agar lampu pada sakelar akan menyala saat tombol lampu digeser ke posisi lampu senja.


Setiap sambungan antar kabel sebaiknya gunakan isolasi bakar. Tujuannya agar sambungan tersebut terhindar dari masuknya air yang bisa beresiko korsleting dan juga lebih terlihat rapi.


Setelah semua kabel terpasang dan terbungkus dengan rapi, jangan buru-buru pasang cover stang, tapi jajal dulu apakah semua lampu di saklar menyala. Kalau sudah terpasang keren kan!

EDITOR

Otomotifnet

Top