Kamis,5 Nov 2015 10:47 WIB

Penulis: pewete pewete

Pasang Segitiga Sok Yamaha Xeon di X-Ride, Pelek 17 Anti Mentok

Foto: OTO-KETUT

Pasang Segitiga Sok Yamaha Xeon di X-Ride, Pelek 17 Anti Mentok

Bali - Di medan adventure off road, sosok skutik Yamaha X-Ride cukup banyak peminatnya. Yup, kali ini OTOMOTIF coba sajikan trik agar X-Ride aman pakai roda depan ring 17 inci. Pakai diameter lebih besar otomatis roda jadi tak mudah terperosok ke dalam lubang.

Namun masalahnya, saat sok depan dalam kondisi tertekan penuh, ban kerap mentok cover bodi karena jaraknya terlalu dekat. Buat yang enggak mau melepas cover bodi ada triknya nih. Ganti saja triple clamp atau segitiga atau ‘T’ sokbraker depan pakai punya Yamaha Xeon atau GT125 Eagle Eye.

“As nya sama tapi posisinya lebih maju, jadi aman,” terang Budi Arsana, Service Advisor DDS Yamaha Bali. Di bengkel resmi Yamaha, komponen berkode 1LB-F3340-00 ini harganya Rp 304 ribu, cukup terjangkau dan pemasangannya pun mudah. “Tinggal plug n play (PnP) kok, gak ribet,” sambung pria ramah sambil mencontohkan saat pemasangan.

Langkahnya lepaskan segitiga asli Yamaha X-Ride. Sebelumnya copot dulu setang berikut dudukannya, lalu roda dan kaliper. Jika sudah lalu kendurkan mur benteng pengunci as segitiga X-Ride. Dari sini as asli berikut segitiga sudah bisa dilepaskan dari rangka.



Setelah terlepas coba bandingkan, segitiga X-Ride di kanan dan Xeon di kiri (gbr.1). Posisi dudukan as sokbreker milik X Ride sejajar dengan as komstir, sedangkan milik Xeon sedikit lebih maju sekitar 2 cm. Untuk as komstirnya jangan khawatir, karena keduanya memiliki bentuk yang sama dan ini menjamin pemasangannya PnP (gbr.2).



Hal sama juga berlaku untuk as sokbreker depan yang sama–sama berdiameter 26 mm (gbr.3), jadi masih bisa tetap menggunakan as bawaan X-Ride. Lalu bagaimana dengan bushing roda? Ternyata tetap sama bro.. Jadi tidak ada yang berubah pada area teromol.



“Dan saat dipasang, jarak roda ring 17 inci-nya sudah menjauhi cover bodi, aman buat adventure (gbr.4),” tutup Budi yang berkantor di Jl. Diponegoro no 57. Denpasar, Bali ini. Sip deh! • (otomotifnet.com)




DDS Yamaha Bali : 0361-238800

EDITOR

Otomotifnet

Top