Selasa,3 Mei 2016 13:30 WIB

Penulis: otomotifnet

Perangkat Safety Yamaha Sunday Race, Buat Motor Harian Juga Bisa!

  • Foto: Popo/otomotifnet

    Lever Guard

  • Foto: Popo/otomotifnet

    Footstep Racing

  • Foto: Popo/otomotifnet

    Kawat Pengunci

  • Foto: Popo/otomotifnet

    Chain guard

  • Foto: Popo/otomotifnet

    Undercowl

Bogor - Akhir pekan lalu tim OTOMOTIF berkesempatan turun balap di Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 seri kedua di Sirkuit Sentul, Bogor. Salah satu yang harus dilalui ada proses scrutineering. Enggak cuma pengecekan spesifikasi mesin sesuai regulasi balap, tapi juga ada faktor safety yang wajib dipatuhi. Berikut ini adalah beberapa aksesori yang wajib dipasang menunjang keselamatan, tapi keren juga lho dipasang pada motor harian. Siapa tahu menginspirasi!  • (otomotifnet.com / Sigit)

Lever Guard
Fungsinya melindungi tuas rem depan agar tidak tertekan secara tidak sengaja saat bersenggolan dengan pembalap lain. Berbahaya jika tiba-tiba ngerem mendadak tanpa kontrol. Di pasaran, model dan harganya beragam. “Kalau yang kopling enggak wajib, tapi saya tetap pasang buat gaya aja,” kekeh Adie Mukti dari Abbys Performance yang juga turun YSR 2016.

Footstep Racing
Posisi kaki jadi lebih tinggi pakai footstep ini, menikung rebah pun enggak gampang nyangkut. Footstep racing yang bisa dipakai di even YSR punya syarat khusus yaitu bagian ujungnya harus menggunakan material karet atau teflon agar tidak merusak aspal saat crash.

Chain guard
Melindungi anggota tubuh dari resiko terjepit di antara gir dan rantai saat terjadi kecelakaan, chain guard wajib dipasang. “Beli jadi atau bikin bisa. Pada Yamaha YZF-R15 malah sudah ada dari standarnya, enggak perlu repot pasang,” jelas Angga Kurniawan owner Anjany Racing.

Kawat Pengunci
Ada beberapa baut yang wajib diikat kawat. Diantaranya baut tutup oli mesin dan baut pembuangan oli, fungsinya mencegah oli berceceran di trek. Kawat diikat dengan cara dipelintir sehingga lebih kuat. “Lalu baut as roda dan kaliper rem juga wajib. Kemarin latihan ada yang kaliper lepas kan serem banget, kita mengantisipasi hal tersebut,” jelas Richard Perdana dari Motorsport Departement PT Yamaha Indonesia Manufacturing (YIMM).

Undercowl
Sejatinya Yamaha R-series sudah full fairing, cover bodinya sampai ke kolong. Tapi undercowl yang wajib dipasang adalah yang versi panjang. Yamaha YZF-R25 memang sudah memiliki undercowl, tapi bagian tengah model bolong sehingga tidak bisa menampung oli yang bocor.Ganti ya! Buat motor harian undercowl ini bikin tampilan motor terlihat lebih padat.

 

EDITOR

Dimas Pradopo

Top