Kamis,30 Juni 2016 11:49 WIB

Penulis: otomotifnet

Pilihan Koil Yamaha NMAX, Ada Banyak Nih!

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Koil Kawahara

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Koil PROTEC

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Koil KTC

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Koil ULTRASPEED

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Koil SpeedSpark

Jakarta - Punya Yamaha NMAX dan mau menyempurnakan pengapian di mesinnya dengan ganti koil? Ada beberapa merek di pasaran. Nih pilihannya. • (otomotifnet.com / Fariz)

PROTEC & ULTRASPEED
Dua merek ini dijajakan langsung oleh Ultra Speed Racing (USR) yang berada di bilangan Jl. Panjang, Jakbar. Kedua koil ini ternyata mempunyai karakter yang berbeda. “Untuk harian pakai Protec karena membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat, ini karena apinya mirip standar namun lebih stabil,” buka Freddy A Gautama bos USR.

Lalu bagaimana dengan Ultraspeed? “Kalau ini apinya lebih stabil, jadi bagus untuk performa karena bisa meningkatkan akselerasi,” lanjut pria yang baru saja berulang tahun ini. Protec dijual dengan harga Rp 200 ribu sedangkan Ultraspeed Rp 400 ribu, pilih sesuai kebutuhan ya.

Kawahara
Produsen racing part dan apparel balap ini telah lama riset koil untuk motor injeksi yang bisa juga diaplikasikan ke Yamaha NMAX. “Koil ini membuat siklus pembakaran menjadi lebih sempurna, karena apinya stabil dan cukup besar,” ucap Jessy Siswanto atau biasa disapa Coq owner Kawahara Racing. Jika berminat bisa siapkan kocek Rp 275 ribu saja.

Speed Spark
Lebih tenar dengan produk fuel controller untuk memanipulasi ECU agar debit bensin dapat diatur ulang. Namun urusan pembakaran, Speedpark juga punya koil yang diklaim punya tegangan output lebih besar. “Sehingga spark energy-nya juga lebih besar, efeknya pembakaran menjadi lebih sempurna,” Tutur Adrian Hendrayana dari Pilar Motor, Bekasi. Mumpung masih harga promo, tidak ada salahnya untuk mengincar produk yang dijual Rp 400 ribuan ini.

KTC
Merek yang satu ini pasti sudah tidak asing untuk yang demen oprek mesin. “Koil injeksi kita juga ada. Arus dari koil ini lebih besar dan stabil,” ujar Richard Silaen , owner Rise Motor di bilangan Kranggan, Bekasi. Ia mengklaim pembakaran akan jadi lebih sempurna dan efeknya mesin lebih bersih dari kerak karbon sisa pembakaran, koil ini dibanderol Rp 185 ribu saja.

Pilar Motor: 021-98251836
Rise Motor: 021-843039
Kawahara Racing: 021-7440667
Ultra Speed 021-53665127 

EDITOR

Dimas Pradopo

Top