Jumat,11 Maret 2016 16:20 WIB

Penulis: Otomotifnet

Problem Tensioner Lifter Honda CB150R dan Sonic 150R, Bisa Klaim Atau Diperbaiki

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Tensioner lifter posisinya ada di sisi kiri blok mesin, untuk melepasnya menggunakan kunci ring 8

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Bongkar jeroan tensioner lifter dengan melepas penguncinya pakai obeng minus

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Nah inilah isinya, salah satu yang paling berperan adalah plat yang berbentuk pita, tugasnya seperti per ulir, inilah yang lemah

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Agar kembali tegang, potong sedikit ujungnya lalu kembali dibentuk seperti aslinya

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Nah terakhir proses perakitan, putar sampai maksimal agar dorongan penonjok lebih kuat dari standarnya. Beres deh!

Jakarta - Kendati baru seumur jagung, ternyata ada keluhan dari pengguna All New Honda CB150R StreetFire dan New Honda Sonic 150R, yaitu suara “tektek- tek” dari area blok mesin. “Memang ada, itu berasal dari tensioner lifter keteng,” terang salah satu mekanik AHASS yang enggan disebutkan namanya.

Apa sih tensioner lifter ini? Komponen ini tugasnya mendorong cam chain guide atau batang pemandu keteng, sehingga keteng tetap tegang agar posisinya di gir tidak loncat. Jika keteng loncat, maka waktu buka tutup klep akan kacau, efek berantainya tak hanya tenaga jadi drop, bahkan klep bisa benturan dengan piston.

Disinyalir tensioner keteng ini lemah, sehingga tugasnya tak optimal, sehingga timbul suara berisik lantaran ketegangan keteng tak maksimal. Tentu suara itu berasal dari benturan keteng ke gigi di kem atau di batang kruk as. Bagaimana tanggapan Honda?

“Bisa dibawa ke AHASS terdekat biar dianalisa penyebab part bermasalahnya,” terang Wedijanto Widarso, GM Technical Service Division PT Astra Honda Motor. “Kan ada garansi 3 tahun, selama rutin servis di AHASS pasti dicover garansi dan gratis,” imbuhnya.

Hanya saja, klaim tak bisa langsung ditangani, “Kalau stok tensioner lifter kosong, maka mesti inden dulu 14 hari kerja. Kalau ready paling 30 menit selesai,” lanjut mekanik AHASS yang enggan terkenal ini. Jika risih dengan suara berisik dan enggan menunggu, ternyata aslinya bisa diperbaiki.

“Dibongkar saja dan plat penegang di dalamnya dipotong sedikit, lalu digulung ulang agar dorongannya lebih kuat,” kata Agustinus P. dari bengkel Nero Speed yang bermarkas di Jl. Jatisari, Purwokerto. Mau tahu detail cara perbaikannya? Ini dia langkahnya. • (otomotifnet.com)

Nero Speed: 0856-47989898

EDITOR

Dimas Pradopo

Top