Minggu,12 Juni 2016 09:45 WIB

Penulis: Gombak

Ragam Filter Karburator Custom pada Motor Bebek Custom

Foto: Gombak

Pelindung karburator custom

Solo - Filter karburator diklaim sebagai komponen penting ketika motor melaju di jalanan. Hal ini ternyata juga berlaku bagi motor bebek yang dimodifikasi ala street cub, maupun choppy cub.

Di Solo dan sekitarnya, modifikasi seperti ini sedang jadi tren. Kedua jenis tersebut rata-rata tanpa menggunakan spatbor depan itu. Karenanya butuh pelindung karburator. Terkait fungsinya, apalagi kalau bukan buat menangkis debu, atau bahkan cipratan air ketika motor melaju saat jalanan basah.

Contohnya seperti yang terpasang pada Honda Grand lansiran 1994 milik Charry Gafur dari bengkel custom Boy Engine Garage. Komponen filter karburator itu terlihat menggunakan filter custom sederhana berbahan plat. 

Tampak menutupi karburator Honda Megapro, yang dipasang dengan manipol karburator yang belok ke kiri. Menurut Gafur sapaannya, bahan filter sederhana itu hanya menggunakan plat tipis setebal 0,5mm.

Pelindung karburator
Pelindung karburator custom

“Awalnya mau pakai kaleng cat semprot bekas. Tapi kog kurang besar. Lalu saya bikin saja pakai plat yang dibentuk membulat setengah lingkaran. Bagian atas juga saya kasih tutup dan saya sobek sedikit buat jalur kabel gas,” papar Gafur.

Katanya lagi, untuk pasangnya perlu memberi jarak antara corong karburator dan plat filternya. Tujuannya enggak menghalangi jalan udara ke karburator .

Tak hanya Gafur. Honda Grand 1992 milik Arief Lukman Hakim dari Bons Garage Solo yang dimodifikasi choppy cub, malah lebih serius. Menggunakan filter variasi berbentuk kotak, copotan mobil.

Pelindung karburator
Pelindung sekaligus filter karburator

“Saya memasang filter karburator karena motor ini saya tunggangi buat berkegiatan harian. Dimana saat ini kadang masih bertemu hujan. Nyatanya dengan adanya filter begini, saya bisa melaju aman di jalanan basah habis hujan,” yakin warga Kentingan kulon Jebres Solo.

Katanya lagi, perlu trik modifikasi untuk memasang filter tersebut. Caranya membuat bodi filter kotak tersebut menjadi lebih tipis. Pasalnya tebal bodi filter adalah 6 cm. Kalau dipaksa dipasang akan mentok ban depan.

“Jadi saya bongkar filter itu. Tebalnya saya tipisin jadikan 4 cm. Bagian filter saya tambahkan kawat kasa tipis. Dengan begini enggak mentok ban. Cipratan air enggak mudah nembus ke dalam karburator,” ungkapnya yakin.

Dudukan filter tampak kokoh karena terhubung dengan rangka tengah. Dudukannya dibuat dari batang sulingan per sokbreker Grand. Lantas soal biayanya bro?. 

Ah cukup murah. Kata Bonsay hanya habisin duit Rp 50 ribu. “Rp 40 ribu buat beli filter karburatornya. kan belinya di loakan. Ongkos ngelasnya paling hanya 10 ribu,” tutup Bonsay. 
 
Boy Engine Garage 085878203772
Bons Garage 085740712143

EDITOR

Bagja

Top