Selasa,29 Nov 2016 10:11 WIB

Penulis: otomotifnet

Recall All New Suzuki Satria F150, Ada Program Penggantian Laher Kopling

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Laher ini terlihat yang nomor 21, kodenya 10x24x2

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Ini laher bawaan motor, biasa disebut laher bambu. Karena pelumasan kurang maksimal, sehingga macet

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Penggantinya pakai laher model biasa ini, untuk penggantian tentu saja gratis

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Laher ini tugasnya sebagai bantalan ketika stut kopling menarik rumah kopling agar terbebas, sehingga bisa pindah gigi dengan lancar

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Jika macet, maka proses pengungkitan rumah kopling terhambat, efeknya kopling jadi enggak bebas, makanya susah pindah gigi

Jakarta - Problem laher kopling ternyata enggak hanya mendera Yamaha YZF-R25 dan MT-25, sehingga dilakukan recall atau pemanggilan kembali ke bengkel resmi untuk perbaikan. Kasus yang sama juga mendera All New Suzuki Satria F150 atau Satria injeksi, makanya diam-diam Suzuki melakukan recall All New Suzuki Satria F150.

“Memang ada program penggantian laher kopling Satria injeksi, itu dilakukan sebagai langkah improvement,” terang Hariadi, 2W Sales – Service & Outboard Assistant to Section Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ketika dihubungi OTOMOTIF (17/11).

Hariadi menambahkan, program ini ternyata enggak untuk semua Satria F150 injeksi. “Hanya beberapa yang kemungkinan bermasalah, nanti di bengkel diperiksa untuk memastikan,” imbuhnya.

Wah jadi bagi pemilik Satria F150 injeksi mesti segera mampir bengkel resmi nih untuk pemeriksaan nih! Apa sih Sebenarnya masalahnya?

Hariadi menerangkan jika di beberapa unit ditemukan laher macet, efek berantainya proses pindah gigi jadi susah. “Biasanya pada konsumen yang kurang rajin ganti oli, sehingga pelumasan kurang bagus,” paparnya.

Dan ternyata langkah perbaikannya dengan menukar jenis lahernya. Laher atau bearing baru yang digunakan beda dengan bawaan motor, “Jika bawaan motor laher bambu, maka diganti dengan yang biasa,” lanjut Hariadi.

Suara berbeda disampaikan sumber dari salah satu dealer resmi Suzuki yang enggan ditulis namanya. “Kalau pakai oli yang bagus, sebenarnya enggak ada masalah. Buktinya konsumen di sini yang upgrade olinya enggak ada problem, jadi tak perlu ganti laher,” terang sang sumber yang enggan terkenal ini.

Jadi intinya soal pelumasan dong, jadi ayo segera bawa Satria-nya ke bengkel resmi deh! Jangan lupa pakai oli yang bagus. • (Aant / otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top