Selasa,5 Jan 2016 11:45 WIB

Penulis: parwata

Solusi Spul Kawasaki Pulsar 200NS Terbakar, Deteksi Dari Penyebabnya

Foto: Fariz/otomotifnet

Yang hitam itu merupakan bagian yang terbakar

Solusi Spul Kawasaki Pulsar 200NS Terbakar Deteksi Dari Penyebabnya
Yang hitam itu merupakan bagian yang terbakar

Jakarta - Aki Kawasaki Pulsar 200NS tiba-tiba tekor, usut punya usut ternyata kinerja spul pengisian berhenti mendadak karena terbakar. “Di sini sudah sering mengganti spul pengapian,” buka Andi Mulyadi, mekanik Kawasaki Mampang. “Spul terbakar karena soketnya kurang rapat, jadi air masuk dan bikin korslet. Kalau sudah begini mau tidak mau spul harus diganti dengan yang baru. Satu set dijual Rp 324 ribu,” ucap Bule panggilan akrabnya.

Permasalahan ini juga diakui oleh salah satu bengkel spesialis Bajaj Pulsar. “Selain karena kualitas soket yang kurang rapat, penambahan daya seperti pemakaian lampu-lampu tambahan yang membutuhkan daya berlebih juga dapat membuat spul terbakar,” buka Nur Sahid owner MJ Motor.

Solusi Spul Kawasaki Pulsar 200NS Terbakar Deteksi Dari Penyebabnya
Harga spul mulai Rp 225 ribu

Pria ramah ini menambahkan jika pada dasarnya Pulsar 200NS ini memiliki output listrik yang lebih besar daripada input-nya. “Lampu utama motor ini mempunyai watt yang besar (H4 60/55 Watt) terlebih lampunya tidak bisa dimatikan karena sudah automatic headlamp on sesuai aturan,” ungkap Sahid panggilan akrabnya.

Solusi Spul Kawasaki Pulsar 200NS Terbakar Deteksi Dari Penyebabnya
Menggunakan lampu LED bisa menjadi solusi agar spul tidak bekerja terlalu keras

“Spul bekerja keras menghasilkan daya listrik namun disedot habis oleh lampu utama sehingga aki tidak dapat terisi secara maksimal. Spul yang bekerja keras akan menghasilkan panas dan pada akhirnya terbakar gosong,” analisa pebengkel yang bermarkas di Jl. Sultan Iskandar Muda, Arteri Pondok Indah, Jaksel.

Solusi Spul Kawasaki Pulsar 200NS Terbakar Deteksi Dari Penyebabnya
Tambahkan elko untuk membuat arus lebih stabil

Selain mengganti spul yang rusak, Sahid menawarkan beberapa solusi untuk mencegah kembali terbakar. Pertama, bisa menggunakan sakelar Pulsar 135 agar lampu utama bisa dimatikan. Atau bisa juga dengan mengganti lampu utama menggunakan LED 3 atau 4 titik. ”LED mempunyai pencahayaan yang terang namun daya yang dibutuhkan kecil,” ucapnya. “Atau pakai bohlam HS1 yang berdaya 35/35 Watt.“

Solusi lain adalah dengan menambahkan elko. “Ini berguna untuk menstabilkan arus, jadi dengan memasang elko akan membuat pembagian arus menuju aki dan lampu menjadi lebih rata. Pada generasi kedua 200NS tahun 2014 sudah terdapat elko, kalau masih kurang bisa ditambahkan menjadi pakai 2 elko,” papar Tonces, salah satu mekanik MJ Motor.

Untuk substitusi spul yang terbakar, Sahid memberikan solusi yang lebih murah selain spul standar. Bisa pakai punya Pulsar 220 harganya cuma Rp 260 ribu itu yang asli, dan Rp 225 ribu untuk merk Varroc. “Varroc tidak bisa dibilang KW, karena spul asli Pulsar memang merek Varroc hanya beda bungkus saja,” tutupnya. Jangan khawatir ya, ada solusinya! • (otomotifnet.com)

 

EDITOR

Dimas Pradopo

Top