Jumat,14 Agust 2015 12:45 WIB

Penulis: pewete pewete

Substitusi Filter Oli Mesin, Sport 250 cc Kawasaki Bisa Pakai R25

Foto: OTO-TEGUH

Substitusi Filter Oli Mesin, Sport 250 cc Kawasaki Bisa Pakai R25


Yang terpenting alur atau drat di dalam filter oli harus sama

Jakarta
- Jangan cuma ganti oli, tapi filter oli juga wajib diganti agar fungsinya menyaring kotoran hingga logam halus di dalam mesin bisa dilakukan dengan maksimal. Pada Kawasaki Ninja 250 FI misalnya, filter oli mesin harus diganti bila sudah menempuh jarak sekitar 12.000 km.

“Yup! Kalau gak diganti, kotoran dapat menyumbat aliran oli yang bisa menyebabkan komponen mesin rusak akibat kurangnya pelumasan,” papar Dirjo, mekanik Anjany Racing. Hal yang sama diamini Eddy, Kepala Bengkel Kawasaki Fatmawati, dearah Fatmawati, Jaksel.

“Umumnya, setiap tiga kali ganti oli, ganti juga filternya. Biar oli baru gak cepat kotor terkena kotoran yang mengendap di filter,” sarannya. Ngomongin filter oli ternyata bisa saling tukar bro! Seperti yang dituturkan Dirjo, filter oli Ninja 250 FI ternyata bisa dipakai juga pada Kawasaki Z800, Kawasaki ER-6n.

Bisa jadi solusi pengguna moge yang kesulitan cari filter oli nih. Atau bisa juga saling tukar antara motor sport Kawasaki ini dengan milik Yamaha YZF-R25. “Besar dan dimensinya juga sama, R25
sedikit lebih pendek dari Ninja dan yang penting lihat ulir atau drat baut di dalamnya harus sama. Kalau sama bisa dipasang,” elas mekanik ramah ini.

Untuk harga, spare part Z800 dan ER-6n kisaran Rp 100 ribu, sedang bawaan R25 seharga Rp 60 ribu. Untuk produk aftermarket pakai merek K&N banderolnya Rp 250 ribu. Oke, bro! • (otomotifnet.com)

Anjany Racing (AR 0812-9456913



Peranti lainnya ada produk yang berlabel K&N dengan harga lebih mahal, yaitu Rp 250 ribu


Pilihan lain atau substitusinya bisa gunakan filter oli Yamaha YZF-R25, Rp 60 ribu


Bisa gunakan filter oli ER-6n dan Z800, harga juga masih sama




EDITOR

Otomotifnet

Top