Sabtu,19 Sept 2015 10:00 WIB

Penulis: pewete pewete

Substitusi Paha Rem Skutik, Panjang Lebih Enak

Foto: OTO-FARIZ

Substitusi Paha Rem Skutik, Panjang Lebih Enak

Jakarta - Panjang... panjang apa yang enak? Jawabnya paha rem skutik yang lebih panjang! Bisa begitu karena beberapa pengguna skutik merasa rem belakangnya kurang mengigit, atau butuh tenaga ekstra untuk menekan tuas rem.

“Pada dasarnya bila pengungkit atau tuas lebih panjang, maka tidak membutuhkan tenaga lebih untuk menekannya. Paha rem yang lebih panjang akan membuat pengereman semakin empuk dan pakem,” buka Fajar Jaya Sukmana pemilik bengkel FJR.

Jakarta - Pria yang bengkelnya ada di kawasan Pondok Gede mencontohkan pada Suzuki Skywave. “Untuk skutik Suzuki ini bisa pakai paha rem punya Yamaha Mio,” bebernya. Cukup tebus paha rem Mio seharga Rp 14 ribu di bengkel resmi.

“Paha rem ini mempunyai gerigi as yang sama, tetapi lebih panjang dari Skywave,” ujar Aguspriadi salah seorang pengguna Skywave yang sudah menerapkan trik ini. “Remnya jadi lebih ringan tapi tetap pakem,” yakinnya.

Memasang paha rem Mio ini, dibutuhkan kunci L 6, T 10, T 12, T 14, dan ring 22. Yang pertama harus dilakukan adalah membongkar silencer Skywave dengan kunci T 12 dan L 6. Kemudian melepas swing arm serta as roda dengan kunci T 12, T 14, dan ring 22.

Setelah pelek terlepas selanjutnya adalah mencabut kampas rem belakang dan melepaskan paha rem asli Skywave dengan kunci T 10. Kemudian pasang dengan urutan terbalik. Selamat mencoba! . • (otomotifnet.com)

FJR : 085697309125


Paha rem Skywave terlalu pendek, butuh tenaga ekstra menarik tuas rem


Sebagai perbandingan, paha rem Skywave lebih pendek


Awali dengan melepas silencer knalpot pakai kunci T 12 dan L 6


Dilanjutkan dengan melepaskan swing arm, roda dan kampas rem


Tarik keluar sedikit as paha rem, kemudian ganti dengan milik Mio

EDITOR

Otomotifnet

Top