Kamis,15 Okt 2015 14:54 WIB

Penulis: pewete pewete

Substitusi Roller Yamaha NMAX, Bisa Pakai Punya Mio dan Xeon

Foto: OTO-Fariz

Substitusi Roller Yamaha NMAX, Bisa Pakai Punya Mio dan Xeon

Jakarta - Cara paling mudah dalam meningkatkan akselerasi atau top speed Yamaha NMAX tanpa ubahan apapun di mesin adalah dengan utak-atik area CVT. Ganti roller saja, maka secara instan karakternya akan berubah. Masalahnya, karena masih tergolong sebagai pendatang baru, part yang khusus untuk skutik ini belum banyak beredar.

Hingga akhirnya salah satu member dari Jakarta Max Owners (JMO) mengoprek dan menyamakan diameter luar roller NMAX dengan skutik lain. “Sengaja mencocokan dengan motor lain, ternyata sama seperti roller skutik Yamaha,” beber Aesculapius Amandra.

Sama seperti kepunyaan Mio M3, Soul GT, dan Xeon. “Diameter luarnya yang sama, tapi beratnya berbeda dengan NMAX yang 13 gram. Sedang Mio M3 mempunyai berat 12 gram, Soul GT beratnya 9,5 gram, dan Xeon adalah 11 gram,” rinci anggota JMO yang punya nomor registrasi 020 ini.

Jika ingin roller yang lebih berat tinggal cari produk aftermarket yang dijual dengan spesifikasi bobot lebih tinggi. Di pasaran ada banyak kok bro! Rumus mudahnya, jika memakai roller yang lebih enteng dari standar maka laju motor akan lebih cepat saat akselerasi. Kalau lebih berat akan lebih terasa di top speed.

“Kalau sudah tahu substitusinya, jadi enak mau ngoprek untuk menambah akselerasi atau top speed,” tutup Kiko panggilan akrabnya. • (otomotifnet.com)


Merek aftermarket Dr.Pulley bisa menjadi pilihan untuk NMAX selama diameternya sama


Salah satunya bisa pakai roller LHK 14 gram ini, efeknya top speed meningkat


Ganti roller harus bongkar CVT, kalau males ribet bawa saja ke bengkel langganan


Ini roller standar NMAX, beratnya 13 gram



EDITOR

Otomotifnet

Top