Selasa,10 Nov 2015 14:34 WIB

Penulis: pewete pewete

Tiga Cara Bersihkan Injektor, Jangan Tunggu Mesin Delay

Foto: OTO-FARIZ, SALIM

Tiga Cara Bersihkan Injektor, Jangan Tunggu Mesin Delay





Ketika kotor maka jumlah semprotannya akan terganggu yang efeknya bikin tarikan tersendat

Jakarta - Injektor jadi komponen vital dalam sistem injeksi, fungsinya menyemprotkan sekaligus mengubah bahan bakar jadi kabut yang siap diledakkan oleh busi. Ketika kotor maka jumlah semprotannya akan terganggu yang efeknya bikin tarikan tersendat, seperti ada delay. Berikut adalah tiga cara membersihkan injektor yang ditawarkan bengkel resmi. • (otomotifnet.com)



CAMPUR KE BENSIN

Cara pertama paling mudah dan dipopulerkan Yamaha lewat Yamalube Carbon Cleaner. Caranya, cairan kimia ini langsung dicampurkan ke tangki bensin. “Isinya 75 ml bisa untuk dicampurkan dalam 3,5-5 liter bensin,” ucap Pieter Adi Nugraha kepala mekanik Yamaha Flag Ship Shop Jakarta. “Baiknya dilakukan tiap 3.000 km,” tambahnya.

Cairan ini diklaim dapat mengurangi endapan karbon bukan hanya di injektor tapi juga di intake dan ruang bakar. “Efeknya pembakaran lebih sempurna dan mesin lebih bertenaga,” beber Robby Sidharta, Assistant Manager Spare Parts Division Yamaha Indonesia. Harganya cuma Rp 27 ribu tersedia di semua bengkel resmi Yamaha.



PAKAI MODEL INFUS

Mulai banyak bengkel resmi dan bengkel umum yang menawarkan jasa ini. Prosesnya, cairan carbon cleaner digunakan sebagai pengganti bensin dan di-inject langsung menggunakan perangkat seperti infus.

Slang bahan bakar dilepas, ganti dengan infus yang terhubung dengan tabung khusus berisi carbon cleaner, setelah itu tabung akan ditekan dengan angin dari kompresor agar masuk ke ruang bakar.

“Tekanan angin yang dibutuhkan 39-42 psi, kurang dari itu mesin akan brebet. Mesin dibiarkan menyala sambil digas. Metode ini kurang lebih memakan waktu 5 menit sampai cairan pembersih injektor habis dan motor mati,” tutur Cahyo Waskito kepala mekanik AHASS Lancar Motor.

“Sebaiknya dilakukan tiap 10.000 km, biayanya hanya 28 ribu untuk semua jenis motor,” lanjut pria yang bengkelnya ada di Jl. Let Jend Suprapto, Johar Baru, Jakpus ini.



INJECTOR CLEANER & TESTER

Cara ini tidak bisa membersihkan ruang bakar, tapi bisa digunakan untuk mengukur debit injektor. Injektor dilepas lalu disimulasikan melakukan semprotan dengan tekanan sesuai standar motor, bila debit berkurang artinya injektor kotor dan terdapat penyumbatan pada hole.

“Maka dilanjutkan dengan ultrasonic cleaning, injektor akan di rendam dengan cairan khusus dan kemudian akan ada getaran ultrasonic yang dapat menghasilkan panas untuk merontokan kotoran yang menyumbat,” jelas Indrawan Subekti kepala mekanik Suzuki Sejahtera Motor Gemilang Sunter.

Jika sudah dibersihkan debitnya masih kurang artinya harus ganti injektor. “Disarankan dilakukan setiap setelah 3x servis berkala, biaya hanya Rp 20 ribu untuk bebek dan skutik. Sedang untuk moge Rp 50 ribu untuk 1 injektornya sambungnya.


Lewat Alatini kondisi injektor bisa dibaca, jika debit semprotan kurang harus dibersihkan

AHASS Lancar Sukses Mandiri : 021-4207955
Suzuki Sunter Sejahtera Motor Gemilang : 021 6520220 
Yamaha Flagship Shop Cempaka Putih : 021- 4215888




EDITOR

Otomotifnet

Top