Rabu,2 Nov 2016 16:45 WIB

Penulis: otomotifnet

Tips Ganti Bushing Arm Vespa, Polyurethane Hilangkan Geol

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Tips ganti bushing arm Vespa dengan Polyurethane; gambar 1

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Tips ganti bushing arm Vespa dengan Polyurethane; gambar 2

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Tips ganti bushing arm Vespa dengan Polyurethane;gambar 3

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Tips ganti bushing arm Vespa dengan Polyurethane; gambar 4

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Tips ganti bushing arm Vespa dengan Polyurethane;gambar 5

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Tips ganti bushing arm Vespa dengan Polyurethane; gambar 6

Jakarta - Seiring pemakaian, bodi belakang Vespa terasa geal-geol? Roda belakang bergerak tidak seirama bodi. Wah, kenapa nih?

“Kita coba cari solusinya karena pernah jatuh gara-gara geal-geol,” buka Bambang Sembodo owner Seventeen Garage di bilangan, Grand Galaxy City, Bekasi Selatan. Ternyata penyebabnya adalah body roll karena bushing arm yang sudah mengecil.

Karet bushing yang mengecil ini bikin motor jadi gak rigid antara mesin dan bodi. Bahkan pada Vespa yang baru menginjak 100 km pun bushing-nya ada yang sudah mengecil karena bahannya lentur, apalagi jika sering berboncengan atau bawa barang berat dijamin cepat menciut,” sambungnya.

Solusinya ia membuat bushing dari material polyurethane menggantikan bushing arm aslinya yang berbahan rubber atau karet (gbr.1). Diklaim lebih kaku dan kuat menerima beban, pebengkel yang akrab disapa Dodo ini pun sudah mencobanya di ajang balap.

Tips Ganti Bushing Arm Vespa
Gambar 1

“Sudah pakai bahan ini untuk balap sejak tahun 2014 untuk melihat durabilitasnya dan ternyata sampai sekarang masih kuat. Karena di balap motor dipacu ekstrem, jadi kalau dipakai balap kuat, pasti untuk harian juga kuat,” tuturnya sembari mewanti untuk langsung ganti apabila sudah terasa ada gejala goyang.

“Kalau dibiarkan akan merusak laher bambu pada arm yang barangnya cukup langka dan mahal,” jelasnya. Bushing ini tersedia untuk Vespa Sprint, Primavera dan GTS 150 saja baik yang 2V juga 3V, produk ini juga sudah diekspor ke Malaysia, Taiwan, Thailand dan Australia.

“Untuk varian Vespa LX tidak bisa ganti karena rubbernya menyatu dengan arm, jadi harus ganti satu set dengan arm-nya,” ucap Dodo.

Cara pemasangannya cukup mudah. Simak nih tips ganti bushing arm Vespa dengan polyurethane. Yuk ikuti langkahnya! Pertama posisikan motor pada standar tengah, kemudian dongkrak bagian tengahnya agar bushing mudah dilepas. Kemudian lepas penutup bushing yang berada di bagian bawah sebelah kiri mesin dengan cara ditarik (gbr.2).

Tips Ganti Bushing Arm Vespa
Gambar 2

Kemudian akan terlihat bushing bawaannya. “Bushing yang sudah mengecil akan terlihat celah atau longgar (gbr.3), copot bushing dengan melepaskan klip terlebih dahulu menggunakan tang.

Tips Ganti Bushing Arm Vespa
Gambar 3

Oleskan gemuk agar bushing baru bisa masuk (gbr.4), bushing kecil berada di bagian dalam sedangkan yang besar di luar (gbr.5).

Tips Ganti Bushing Arm Vespa
Gambar 4
Tips Ganti Bushing Arm Vespa
Gambar 5

Jangan lupa pasang kembali klip penguncinya (gbr.6),” jelas Pede salah satu mekanik di Seventeen Garage. Kalau enggak mau repot,  langsung tebus dan pasang bushing baru ini, bisa ditebus dengan mahar Rp 250 ribu. • (Fariz / otomotifnet.com)

Tips Ganti Bushing Arm Vespa
Gambar 6

Seventeen Garage 021-82732678

EDITOR

Dimas Pradopo

Top