Rabu,20 April 2016 10:33 WIB

Penulis: otonet

Upgrade Headlamp LED Yamaha NMAX, Solusi Penembus Hujan

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Housing untuk emitter yang baru, terbuat dari aluminium, seukuran dengan yang originalnya

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    3 driver ini berfungsi untuk mengatur arus masuk ke emitter

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Ini dia yang emitter yang membedakan harga tadi, beda dimensi hasilnya pun lebih maksimal

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Soketnya disamakan dengan yang original, jadi tinggal pasang saja, apik!

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Soketnya disamakan dengan yang original, jadi tinggal pasang saja, apik!

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Ini dia bedanya lampu asli (atas), sedang LED Cree 36 watt (bawah) warnanya lebih kuning dan jangkauannya luas

Jakarta - Doyan turing ke luar kota, riding siangmalam, panas-hujan dilibas saja. Tapi keluhan pengguna head lamp tipe Light Emitting Diode (LED), saat hujan turun sorot putih LED kerap tak maksimal membantu visibilitas. Mengurangi resiko kecelakaan, Annaz Qoribi pemilik BRN Tech coba tawarkan solusi. Kali ini khusus Yamaha NMAX.

Sama-sama masih menggunakan lampu LED tapi mulai dari driver hingga heat sink atau sirip pendinginnya diracik sendiri olehnya. Tentunya dengan input tegangan yang berbeda agar hasil lebih terang dari aslinya.

Untuk rumah lampu, pria yang akrab disapa Baron ini menggunakan bahan aluminium yang dibuat persis. Baik bentuk maupun ukurannya dengan rumah lampu standar agar bisa dipasang di headlamp bawaan pabrik tanpa kendala. Lampunya dibekali LED buatan Cree dengan 3 driver buatannya sendiri.

Driver ini berfungsi untuk mengatur arus listrik yang akan dialirkan untuk LED tadi. “Saya buat 2 tipe paket, paket yang pertama berkapasitas 36 Watt 4.300 Kelvin yang menghasilkan cahaya kuning, sedangkan yang kedua berkapasitas 50 Watt sama-sama 4.300 Kelvin namun lebih terang dan lebih jernih, kedua paket ini hanya dibedakan dari emitter-nya saja,” jelas Baron yang lagi kebanjiran orderan terangin lampu NMAX ini.

Untuk upgrade head lamp seperti ini Baron pasang banderol tidak terlalu mahal. Untuk paket pertama, 36 watt silahkan sediakan kocek Rp 950 ribu sedangkan untuk paket kedua 50 watt cukup tambahkan Rp 550 ribu atau sekitar Rp 1,5 juta saja. “Kalau sudah terang seperti ini turing makin pede,” promonya. • (otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top