Sabtu,7 Mei 2016 14:45 WIB

Penulis: otomotifnet

Usir Getar CVT Honda Vario 125, Pakai Paket CVT Dari RL Matic Shop

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Lihat perbedaannya,atas kampas relining , bawah kampas standar

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Mangkok dibolongin untuk buang debu dan lepas panas, tapi gak boleh asal bro!

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Kampas relining tebal lebih dekat dengan mangkok

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Ini dia isi paketan seharga Rp 540 ribu

Jakarta - Bergetar saat Honda Vario Techno 125 berakselerasi memang bikin kesel. Kadang terasa sampai ke setang lho! Tertuduhnya, kondisi kampas kopling kotor karena debu atau sudah mulai aus karena umur.

Solusinya, Ikim Muhammad, owner RL Matic Shop menawarkan paket anti ‘gredek’ seharga Rp 540 ribuan.  Menebus paket yang disediakan workshop yang berada di Jl. Pondok Kopi, Duren Sawit, Jaktim ini harus tukar dengan kampas kopling dan mangkok kopling bawaan.

“Standarnya kami tukar dengan standar yang sudah custom. Jadi tidak perlu menunggu proses modifikasi dua komponen itu,” beber Akim. Kampas koplingnya mempunyai dimensi pad yang lebih panjang dan tebal dari aslinya sehingga tidak selip dan meminimalisir getaran.

Selanjutnya mangkok kopling customnya sudah dibolongi beberapa bagian seukuran mata bor 4 mm. “Tujuannya mengurangi menumpuknya debu yang bisa bikin selip. Hal ini juga membuat mangkok lebih cepat melepas hawa panas.

Tapi tidak bisa asal bolongin, karena malah bisa menggerus kampas dan bikin mangkok peyang,” tutur Candra, salah satu mekanik di RL Matic Shop.

Isi paket berikutnya adalah per CVT dan per sentrifugalnya yang mempunyai tingkat kekerasan sedang, “Per CVT baru ini spesifikasinya 1.200 rpm, kalau standarnya berada di bawah 1.000 rpm.

Per sentrifugalnya juga lebih lunak dari standar agar bukaan kampas lebih merata,” ucap Ikim yang berpostur tegap ini. Berikutnya ada rubber clutch baru. Karet bundar ini punya fungsi redaman yang membuat bukaan kampas kopling jadi lebih halus. Bedanya, Ikim menyediakan rubber clutch yang dilengkapi bushing pada bagian tengah.

“Roller ikut dalam paket, biasanya turun 1–2 gram dari berat standar tergantung dari konsumen.

Kalau sering berboncengan dan melewati jalan menanjak lebih baik turun 2 gram. Roller bisa pakai merek LHK & KTC,” lanjutnya sambil menyarankan servis maksimal 3.000 km dan ada garansi setahun untuk paket anti getar ini.

Halus! • (otomotifnet.com)

RL Matic Shop : 08118989798

 

EDITOR

Dimas Pradopo

Top