Selasa,12 Jan 2016 16:15 WIB

Penulis: Harryt MR

Keselamatan di Jalan Raya

Balap Liar Akan Dilegalkan?

Foto: Dok. OTOMOTIFNET.COM

Balap liar akan dilokalisir tahun ini

Jakarta- Fenomena balap liar yang dipandang negatif, akan segera dilegalisasi. Hal ini tengah dibahas oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ikatan Motor Indonesia, Dinas Perhubungan, perwakilan Kota Madya Provinsi DKI Jakarta dan para stakeholder.

Nantinya akan dibentuk organisasi kepengurusan sebagai badan yang bertanggungjawab membuat regulasi.

"Balap liar ini sudah menjadi gangguan keamanan, kelancaran dan ketertiban. Kita ingin menyalurkan minat dan bakat remaja-remaja kita untuk berprestasi. Namun, tidak melalui penindakan hukum, tapi dengan memfasilitasi," tegas Kombes Pol. Risyapudin Nursin, Dirlantas Polda Metro Jaya.

Dalam diskusi yang berlangsung di Aula Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya (12/1). Disepakati untuk membentuk organisasi.

"Kami tidak bisa bekerja sendiri, maka dari itu kami undang para pemangku kebijakan lainnya untuk ikut bekerja sama membangun wadah dalam mengakomodir balap liar. Nantinya, bisa diredam kegiatan yang membahayakan tersebut, bagi generasi muda," lanjut Kombes Pol. Risyapudin.

Masih menurutnya, efek balap liar tidak hanya satu masalah, tapi berkembang menjadi banyak masalah-masalah lain, seperti kecelakaan, perjudian, dan seks bebas . Ini jadi perhatian penting yang harus segera diatasi.

"Wadah ini jadi alasan untuk bisa meredam tindak-tindak pidana yang berkembang di balap liar. Tidak hanya itu, kami juga bisa menyalurkan bakat mereka, sehingga berkesempatan mengharumkan nama bangsa," ujarnya lagi.

Konklusi dari diskusi ini, juga diwacanakan agar agenda berjalan pada bulan Februari 2016.

 

EDITOR

erie

Top