Jumat,13 Mei 2016 14:45 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Canggih, Motor BMW Bisa Minta Tolong Saat Terjadi Kecelakaan!

  • Foto: Popo

    BMW Emergency Center

  • Foto: Popo

    BMW Emergency Center

  • Foto: Popo

    BMW Emergency Center

Jerman - Fitur safety terus dikembangkan pabrikan sepeda motor, paling update adalah yang dilakukan BMW Motorrad yang merilis teknologi ‘Intelligent Emergency Call’ system. Lewat fitur ini, motor bisa langsung melaporkan adanya kecelakaan dan mengirimkan titik lokasi kecelakaan kepada BMW Center melalui satelit.

Dengan makin cepat laporan yang masuk diharapkan tim medis akan dengan cepat dapat memberikan pertolongan dan menghindarkan pengendara dari kecelakaan fatal.

Seperti diberitakan Motorcyclenews, rencananya teknologi ini akan dirilis pertama kali di Jerman tahun 2017 sebelum kedepannya akan dikembangkan untuk pasar yang lebih luas, Eropa dan seluruh dunia. 

Perangkatnya, akan melibatkan lean angle sensor dan acceleration sensor untuk membaca terjadinya kecelakaan. Motor yang tidak dalam kondisi berdiri tegak dan terjadi perubahan kecepatan secara tidak wajar akan dibaca sebagai kecelakaan.

Datanya akan dikirim via network module menggunakan fasilitas koneksi telepon seluler yang akan mengirimkan sinyal ke BMW Center. Pada panel indikator di setang, juga ada tombol untuk mengirim sinyal secara manual atau membatalkan panggilan emergency ini.

Setidaknya ada tiga skenario, yang pertama bila kecelakaan dianggap parah, maka secara otomatis sinyal akan langsung dikirimkan. Jika hanya kecelakaan ringan, fitur ini baru akan mengirimkan sinyal setelah 25 detik, jika ingin membatalkan panggilan, pengendara masih bisa memencet tombol. Atau yang ketiga, pengendara bisa melakukan panggilan secara manual dengan langsung pencet tombol secara manual.

Keren ya! (otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top