Jumat,27 Mei 2016 06:15 WIB

Penulis: Indri

Castrol Dukung Mario Iroth Turing ke ‘Rumah Hobbit’

Foto: Indri

Castrol Dukung Mario Iroth Touring ke ‘Rumah Hobbit’ Dalam Wheel Story 4

Legendary Biker Mario Iroth bakal uji ketangguhan turing lagi di Wheel Story season 4.

Keberangkatannya dlepas Castrol, salah satu sponsor Wheel Story Mario, di Bangi Kopitiam, Pasar Minggu (26/5).

Mario bakal menempuh jarak sejauh 25.000 kilometer selama 180 hari menggunakan motor Honda CB500X dan dukungan oli Castrol Power1.

Rute perjalanannya dimulai dari New Zealand, berlanjut ke Australia, melewati Indonesia Timur hingga kembali ke Jakarta.

“Selain jarak, perbedaan iklim juga akan menjadi tantangan utama bagi Castrol Power1 dalam menjaga akselerasi motor Mario pada perjalanan ini,” tutur Deananda Sudijono, Country Marketing Manager Castrol.

Jenis oli yang yang digunakan ialah Castrol Power1 jenis sintetik dengan SAE 10W-40 4T yang diklaim sesuai dengan medan dan cuaca di New Zealand.

Menurut Mario, New Zealand yang memiliki 50 persen lintasan off-road dan 50 persen lintasan aspal itu memang memiliki tantangan tersendiri.

“Tantangan kali ini bakal melewati berbagai musim sekali ngegas, seperti hujan, kemarau, tropis, dan salju. Istimewanya perjalanan kali ini adalah New Zealand sudah terkenal di kalangan bikers dan saya bermimpi bisa turing ke tempat yang terkenal dengan The Hobbit-nya,” ujarnya.

Seperti Wheel Story di season sebelumnya, perjalanan Mario kali ini kembali mengeksplor kebudayaan setempat yang dikunjunginya, salah satunya suku Aborigin.

Berbagai persiapan mulai dari perizinan, barang bawaan, penginapan, titik perjalanan, service motor, hingga mental pun sudah dipersiapkan sejak 3-4 bulan sebelumnya.

Dari perizinan, Mario tentu sudah mengurus visa dan SIM Internasional.

“Yang perlu diperhatikan adalah masa expired-nya. Harus diperhitungkan saat mengurusnya agar tidak expired sebelum pulang ke Indonesia,” katanya.

Sementara barang bawaan seperti pakaian, peralatan masak, dan lainnya disimpan dalam dua boks motor serta tank bag. Titik perjalanan yang akan dikunjungi bisa diriset terlebih dahulu melalui internet.

Mario juga memperkirakan akan mengonsumsi 1.000 liter bensin dan penggantian oli tiap 3.000 kilometer pada perjalanan kali ini.

“Dan yang terakhir, selalu jaga kondisi kesehatan, safety riding, dan berdoa. Intinya bikers harus smart, punya manajemen perjalanan yang baik,” tambah Mario.

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top