Kamis,10 Sept 2015 07:00 WIB

Penulis: denta

Endurance Journey With Federal Oil, Ajang Pembuktian Kualitas Oli Motor

Foto: Denta

Endurance Journey With Federal Oil, Ajang Pembuktian Kualitas Oli Motor


Jakarta – Endurance Journey with Federal Oil adalah acara yang diselenggarakan Federal Oil bersama Tabloid Motor Plus dengan melakukan perjalanan dari Banda Aceh sampai Jakarta menggunakan motor. Total jarak yang ditempuh yaitu sekitar 3.514 km.

Acara ini berlangsung selama 11 hari, mulai tanggal 25 Agustus hingga 4 September 2015. Dengan total jarak tempuh 3.514 km, rute yang ditempuh yaitu Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Lampung dan finish di Jakarta.

“Ini merupakan uji ketangguhan pelumas sekaligus pembuktian kualitas produk Federal Oil. Selain itu, kami juga sekaligus melakukan riset teknologi baru pada oli di perjalanan ini,” jelas Patrick Adhiatmadja, Presiden Direktur PT Federal Karyatama.

Dalam perjalanan lintas pulau Sumatera dan Jawa ini, ada 4 motor yang digunakan. Yakni Yamaha Soul GT, Honda Vario 150, Yamaha NMAX dan Kawasaki Ninja 250 FI.

Metode pengetesan yang dilakukan terbagi dalam 3 tahap. Tahap pertama yaitu laboratorium untuk pengecekan awal komponen mesin serta dyno tes. Tahap kedua adalah tes lapangan, yaitu melakukan perjalanan dari Banda Aceh sampai Jakarta. Tahap ketiga yaitu melakukan dyno tes kembali untuk mengetahiu negatif horse power, lalu melakukan pembongkaran mesin untuk mengetahui kondisi jeroan mesin.

“Selama perjalanan, kecepatan yang ditempuh beragam. Mulai dari kecepatan rendah hingga tinggi sekitar 90-110 km/h. Kendala yang ditemui seperti kondisi cuaca yang panas hingga mencapai 36 derajat celcius dan kabut asap,” tutur Aong C. Ulinnuha, Editor In Chief Tabloid Motor Plus.

Untuk melakukan pembongkaran mesin, dilakukan di workshop milik Kawahara Racing. Sedangkan untuk dyno tes, Federal Oil bekerjasama dengan Sportisi Motorsport. (motor.otomotifnet.com)



Top