Sabtu,6 Agust 2016 23:00 WIB

Penulis: Ferdi

Film 1000 Kilometer, Ungkap Dunia Motor Custom Sampai Kasus Moge

Foto: Ferdi

Press conference Sekepal Aspal Indonesia Motor Exhibition di Jakarta Selatan

Sekepal Aspal Indonesia Motoart Exhibition (SAIME) 2016 bekerja sama dengan U Mild membuat film dengan judul 1000 Kilometer yang diputar perdana pada hari ini (6/8) di Paviliun 28, Jakarta Selatan.

Film ini dibintangi oleh Syafwin Ramadhan Bajumi (sebagai Abim), Yusuf Abdul Jamil (sebagai Ucup) dan Raihan Ahmad Ramdhani (sebagai Ehan).

1000 Kilometer menceritakan tentang perjalanan 3 sahabat, yaitu Abim, Ucup dan Ehan untuk bertemu langsung dengan para penggiat motor custom yang tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali.

Di perjalanan, mereka mampir ke bengkel dan penjual spare parts untuk ngobrol-ngobrol tentang modifikasi, pajak motor custom, sampai membahas kasus yang melibatkan rombongan moge dan pesepeda beberapa waktu lalu.

"Film ini dibuat bukan untuk yang suka motor aja, tapi jendela untuk orang-orang awam yang ingin tau motor custom. Jadi mereka lihat yang kita lakukan, dan enggak mandang sebelah mata. Semua dijelasin di film ini," ujar Ilham Nuriadi, sutradara film 1000 Kilometer.

Setelah itu, film ini juga menceritakan tentang kehidupan para penggemar dan riders motorcustom yang mungkin dipandang negatif bagi sebagian orang.

"Kita ngunjungin para pelaku custom itu sendiri. Tiap kota kita ngunjungin builders dengan membahas itu semua dan pendapat yang berbeda-beda. Total ada 7 builders dan 4 pelaku custom," kata Ilham.

Ia mengungkapkan, kota paling menarik yang mereka kunjungi adalah Yogyakarta. "Karena pas ketemu orang Jogjanya itu ramah. Kita benar-benar dijamu dan diajakin riding bareng. Sebenernya semua sama, tapi memang tempatnya aja yang gak biasa," ucapnya.

Film yang berdurasi 50 menit ini mengawali perjalanan mereka dari daerah Mampang, Jakarta dan finish di Denpasar, Bali, yang memakan waktu perjalanan sekitar 3 minggu dan proses pembuatan sampai film benar-benar selesai menghabiskan waktu hingga 4 bulan.

 

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top