Minggu,20 Des 2015 22:28 WIB

Penulis: parwata

How To Buy Honda Spacy FI 2012, Kisaran Harga Masih Rp 7-8 Jutaan

  • Foto: Denta/otomotifnet

    Desain spidometer simpel namun mudah dibaca

  • Foto: Denta/otomotifnet

    Ruang kaki luas, memudahkan untuk membawa barang

  • Foto: Denta/otomotifnet

    Suara starter elektrik masih berisik karena mesinnya belum eSP

  • Foto: Denta/otomotifnet

    Ukuran jok besar dan nyaman diduduki dalam waktu lama

  • Foto: Denta/otomotifnet

    Volume bagasi besar, mampu menampung helm full face

  • Foto: Denta/otomotifnet

    Pengungkit standar dua rawan bengkok

Tidak hanya praktis dikendarai, volume bagasi yang besar juga menjadi salah satu kebutuhan

Jakarta - Mendukung mobilitas sehari-hari, selain motor yang praktis dan lincah juga diperlukan tempat penyimpanan barang yang besar. Ditambah datangnya musim hujan membuat barang bawaan bertambah dengan kehadiran jas hujan. Buat mengakomodir semua kebutuhan barang bawaan, salah satu skutik yang bisa dipilih yaitu Honda Spacy. Dengan volume bagasi 18 liter, Spacy dapat menampung helm full face atau barang bawaan lainnya dengan baik.

Motor ini cukup banyak digunakan oleh kaum hawa dan pekerja kantoran untuk kesehariannya. Nah, sebelum membeli motor ini dalam kondisi bekas, baiknya perhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

“Cek komponen CVT, pastikan dalam kondisi prima dan tidak terdengar suara aneh,” jelas Harry, mekanik AHASS 908 PT Murni Putramas yang berlokasi di Jl. Margonda Raya No. 273 Depok, Jawa Barat. Komponen yang penting diperhatikan yaitu roller dan belt CVT.

Kemudian, hal yang tak kalah penting dilirik yaitu komponen fast moving. Karena jam terbangnya sudah lumayan tinggi, biasanya ada beberapa parts yang mulai minta jajan, seperti kampas rem, ban dan lainnya. Berhubung motor ini sudah mengadopsi sistem injeksi bahan bakar, kualitas aki dan kelistrikannya juga harus dijaga agar tidak berefek samping ke sensor-sensor komponen injeksi. “Jika sensor injeksi mengalami masalah, terlihat dari kedipan check engine di dekat spidometer,” tambah mekanik ramah ini.

Lalu cek juga kondisi bushing engine hanger yang letaknya di dekat engine mounting. Biasanya mulai oblak atau goyang jika jam terbang tinggi, gejalanya yaitu bagian belakang motor seperti goyang atau terasa ban seperti kempes saat dikendarai. Honda Spacy FI lansiran tahun 2012 di pasaran motkas harganya berkisar Rp 7 juta sampai Rp 8 juta. Kondisi motor tentunya mempengaruhi harga jualnya. • (otomotifnet.com)

Plus:
    Volume bagasi besar
    Nyaman dipakai boncengan
    Mesin responsif dan irit

Minus:
    Suara starter elektrik kasar
    Bodi cukup bongsor

Data Spesifikasi:
Kapasitas mesin: 108 cc
Konfigurasi mesin: 1 silinder SOHC
Transmisi: A/T CVT

Menakar Biaya Servis
Agar kondisi motor kembali prima, baiknya langsung lakukan servis. Buat jaringan bengkelnya sendiri, bisa dilakukan hampir di semua bengkel resmi Honda dan beberapa bengkel umum rekanan Honda, agar perangkat injeksinya dapat ditangani dengan baik dan benar. Buat servis ringan, biaya yang dikenakan hanya Rp 65 ribu. Menu yang didapat yaitu pengecekan dan setel klep jika perlu, ganti oli, cek busi, kelistrikan aki dan pemeriksaan rem. Untuk servis besar dan bongkar mesin alias overhaul, biaya yang dikenakan yaitu Rp 200 ribu, tergantung dari jenis pekerjaan dan tingkat kerusakan mesin. Kemudian biaya servis CVT-nya berkisar Rp 35 ribu saja. Harga-harga tersebut belum termasuk penggantian parts. •

Harga Fast Moving
Busi Rp 17.500
Kampas rem depan Rp 50.000
Kampas rem belakang Rp 46.500
Oli mesin Rp 39.500
Oli CVT Rp 12.000
Belt CVT + roller Rp 135.000
Filter udara Rp 45.000
Aki Rp 217.000
Kampas ganda Rp 118.500
Sumber: AHASS 908, PT Murni Putramas. Jl. Margonda Raya No. 273 Depok, Jawa Barat. Telp. 021-91304915 / 021-7775045

EDITOR

Dimas Pradopo

Top