Kamis,17 Des 2015 10:03 WIB

Penulis: parwata

How To Buy Yamaha New V-ixion Lightning Tahun 2014, Kisaran Harga Rp 17-18 Jutaan

  • Foto: denta/otomotifnet

    Perhatikan kisi-kisi radiator, pastikan kondisinya masih normal

  • Foto: denta/otomotifnet

    Tampilan spidometer sudah lebih modern

  • Foto: denta/otomotifnet

    Karet footstep rawan tergerus jika jam terbang sudah tinggi

  • Foto: denta/otomotifnet

    Banyak perangkat vital di bawah jok, jangan buka jok saat mencuci motor

  • Foto: denta/otomotifnet

    Cek kondisi gir set, segera ganti jika sudah mulai aus

  • Foto: denta/otomotifnet

    Perhatikan bohlam lampu rem belakang, pastikan tidak mati

  • Foto: denta/otomotifnet

    Mesin 150 cc injeksi yang bandel, irit dan mudah dimodifikasi

Jakarta - Pertama dirilis pada tahun 2007, motor ini bermesin 150 cc injeksi pertama di kala itu. Rangka deltabox yang sporty dan stylish mampu menjadi satu daya tarik tersendiri. Pada tahun 2012, Yamaha V-Ixion sudah memasuki generasi kedua, dengan perubahan di bagian bodi, kaki-kaki dan sedikit revisi di sektor mesin serta penambahan nama Lightning dibelkangnya.

Selain rangka deltabox dan mesin yang powerful serta hemat BBM, Yamaha New V-ixion juga memiliki kelebihan lain. Di antaranya seperti penggunaan pelek dan ban lebar, disc brake belakang, spidometer analog digital, dan lainnya. Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa New V-Ixion Lightning cukup ditunggu pencintanya di bursa motor bekas.

Meski masih tergolong usia muda, tapi tak ada salahnya tetap teliti pada saat membeli New V-Ixion Lightning dalam kondisi bekas. “Karena termasuk tahun muda, periksa komponen fast moving dan karet footstep depan, karena karetnya mudah habis jika bergesekan terus dengan sepatu,” jelas Jenggo, mekanik sekaligus owner Jeng’s Speed yang berlokasi di Ciganjur, Jakarta Selatan.

Kemudian cek juga bagian kisi-kisi radiator. Sebab kisi-kisinya mudah rusak apabila terkena batu atau disemprot air bertekanan tinggi pada saat cuci steam. Perangkat injeksi dan elektronik lainnya juga perlu dicek, pastikan masih bekerja normal dan lampu engine check tidak berkedip di spidometer. Tambahan lainnya adalah pastikan tidak ada kepulan asap putih dari knalpot yang disebabkan oleh ausnya piston dan ring piston.

Di pasaran motor bekas, Yamaha New V-Ixion lansiran tahun 2014 harga jualnya masih berkisar Rp 17 juta hingga Rp 18 jutaan. Tergantung dari kelayakan dan kelengkapan motor tersebut. • (otomotifnet.com)

Menakar Biaya Servis
Setelah berhasil membawa pulang, enaknya langsung lakukan servis ke bengkel resmi. Untuk biaya servis ringan, hanya berkisar Rp 37,5 ribu. Menunya meliputi pembersihan thorttle bodi menggunakan injektor cleaner, penggantian oli dan pengecekan komponen lainnya.

Kalau mau enak, sekalian saja servis sistem injeksinya dengan biaya Rp 125 ribu untuk FI KOWA tester & cleaner, atau Rp 75 ribu untuk FI kit cleaner. Jika mau kuras air radiator juga boleh, biayanya cukup Rp 20 ribu saja. biaya-biaya tersebut hanya jasa servis saja, belum termasuk spare parts. •

Harga Komponen
Busi Rp 14.500
Kampas rem depan Rp 75.000
Kampas rem belakang Rp 56.000
Filter oli Rp 25.000
Filter udara Rp 30.000
Gir set Rp 223.000
Kampas kopling Rp 312.000
Oli mesin Rp 41.000
Aki Rp 207.000
Air radiator Rp 33.000
Sumber: Wijaya Motor Yamaha, Ruko Lubang Buaya, Jl. Raya Pondok Gede Blok J/K No. 18, Jakarta Timur. Telp. 021-8411355

Spesifikasi Singkat
Kapasitas mesin: 150 cc
Konfigurasi mesin: 1 silinder SOHC, injeksi, DiASiL silinder & Forged piston
Transmisi: 5 speed M/T

Plus:
1. Riding Position nyaman
2. Hemat BBM
3. Mengusung pelek dan ban lebar

Minus:
1. Piston dan ring sudah ada yang aus
2. Letak pelat nomor depan di atas headlamp

EDITOR

Otomotifnet

Top