Rabu,24 Agust 2016 15:15 WIB

Penulis: Harryt MR

Ini Cara Aman 'Wara-Wiri' Naik Motor Di Yogyakarta

Foto: Astra Motor Yogyakarta

Jangan asal geber, perhatikan cara aman berkendara motor ketika berkeliling menyambangi destinasi wisata di Yogyakarta

Yogyakarta – Sepanjang tahun, ada sekitar 4,1 juta wisatawan lokal dan asing yang berkunjung ke kota Jogja guna menikmati keindahan alam serta pesona budaya yang ditawarkan. Untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada, tak sedikit dari pelancong 'wara-wiri' naik motor Di Yogyakarta sebagai kendaraan selama berkunjung.

Safety Riding Analyst Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal mengungkapkan bahwa biasanya jarak tempuh untuk mengunjungi tempat wisata alam di Jogja adalah sekitar 40 – 80 Km. Waktu tempuh pun bisa mencapai 1 – 3 jam dengan medan perjalanan yang cukup menantang, seperti rute menuju wisata alam di Wonosari, Candi Borobudur, maupun daerah pantai Parangtritis.

“Untuk itu, para pengunjung diharapkan bisa memperhatikan cara berkendara yang baik dan peraturan lalu lintas yang ada, sehingga liburan menjadi aman dan menyenangkan,” bilang Iqbal.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh wisatawan, terlebih untuk yang baru pertama kali berkunjung. Nah, ini cara aman 'wara-wiri' naik motor di Yogyakarta. Yuks diintip lebih detail; 

1. Perlengkapan Wajib Berkendara

Helm SNI, jaket dengan warna cerah, celana panjang dengan bahan yang kuat - seperti jeans, sarung tangan, dan sepatu yang melindungi mata kaki, merupakan perlengkapan utama yang harus selalu digunakan selama berkendara menggunakan sepeda motor. Bila perlu, pengendara bisa menyiapkan jas hujan karena cuaca kota Jogja yang tidak menentu akhir-akhir ini.

2. Cek dan Persiapkan Kondisi Motor

Biasanya, para wisatawan meminjam sepeda motor dari rental tanpa mengecek terlebih dahulu kondisi unit yang akan digunakan. Sisihkan waktu untuk bisa mengecek bagian-bagian utama pada sepeda motor, seperti kondisi rem, tekanan angin serta tingkat keausan alur pada ban, dan fungsi-fungsi lampu bekerja optimal. Kemudian, cek kondisi gear dan rantai, pastikan pada aturan yang sesuai, tidak kendor dan tidak terlalu kencang. Tidak lupa juga untuk selalu mengecek isi bahan bakar, jangan sampai habis di tengah jalan.

Untuk lebih pastinya, Iqbal menyarankan para wisatawan bisa mengecek beberapa hal tersebut pada bengkel resmi. Tidak perlu khawatir akan lamanya waktu yang akan terbuang, pasalnya di beberapa jaringan AHASS sudah memiliki jalur fast track untuk konsumen yang ingin mengecek atau mengganti part-part fast moving pada sepeda motor.

3. Siapkan Kondisi Fisik

Kendali sepeda motor ada pada penggunanya, sehingga kondisi fisik yang fit merupakan hal yang utama agar kita bisa tetap aman dalam berwisata. Usahakan tidur cukup, dan pastikan tubuh mendapatkan asupan makanan yang sesuai, sebab berkendara jarak jauh di bawah terik kota Jogja membutuhkan energi yang tidak sedikit.

Sebaiknya sebelum berkendara melakukan pemanasan tubuh sederhana seperti peregangan tangan, kaki, dan kepala. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan reflek dan konsentrasi saat berkendara. Jangan paksakan apabila kondisi tubuh sudah mulai letih, berisitirahatlah di tempat yang aman.

4. Kuasai Jalur serta Medan

Perjalanan untuk mencapai beberapa tempat wisata di Yogyakarta mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dan dirasa cukup menantang bagi para pengendara sepeda motor. Ada baiknya untuk bisa melihat jalur yang akan dilalui, tandai tempat peristirahatan, pom bensin, kantor polisi dan rumah sakit pada rute yang akan dilalui.

“Seperti menuju ke Pantai Baron atau Indrayanti di Wonosari, jalanan yang dilalui menanjak dan berliku serta sering dilalui banyak truk besar. Nah, pelajari saja dengan map pada smartphone, kondisi jalanan pun bisa kita lihat melalui fitur streetview yang tersedia. Bila perlu, cari ulasan-ulasan terdahulu mengenai rute ke arah tempat wisata yang hendak dituju,” lanjut Iqbal menjelaskan.

5. Patuhi Rambu-rambu dan Peraturan Lalu Lintas

Terakhir, demi keamanan pengendara dan pengguna jalan lainnya, wajih hukumnya untuk mematuhi rambu-rambu serta peraturan lalu lintas yang ada. Di kota gudeg ini, terkadang beberapa rute mempunyai peraturan khusus seperti jalanan satu arah pada kawasan Malioboro dan lajur khusus kendaraan roda empat di sepanjang Ring Road kota Jogja. Penting bagi kita untuk selalu fokus untuk memerhatikan rambu yang ada, dan menyiapkan semua dokumen penunjang berkendara seperti SIM dan STNK.

Selain kelima tips di atas, Iqbal juga mengundang seluruh wisatawan yang ingin mengetahui teknik cara aman berkendara untuk mengunjungi Astra Motor Safety Riding Center pada saat berkunjung ke Yogyakarta. Pusat pelatihan yang terletak di jalan Jend. Sudirman No. 99 tersebut, menyediakan pelatihan safety riding gratis untuk umum dengan fasilitas sepeda motor Honda keluaran terbaru.

EDITOR

Harryt MR

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Senin,19 Sept 2016 15:15 WIB

All New Honda BeAT ESP 2016 - Test Ride

Jumat,9 Sept 2016 13:30 WIB

KUN Bali & Banyuwangi 2016

Top