Selasa,12 Jan 2016 17:20 WIB

Penulis: Harryt MR

Balap Liar

Ini Cara Polda Metro Jaya Melegalkan Balap Liar

Foto: Dok. OTOMOTIFNET.COM

Balap liar, motor maupun mobil, akan dihelat dalam satu kegiatan khusus

Jakarta- Demi mengurangi dampak aksi balap liar yang merebak di DKI Jakarta, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tengah menyusun organisasi yang mewadahi aksi balap liar. Tujuannya agar dapat terkoordinasi sekaligus sebagai sarana mengakimodir bakat para pembalap jalanan.

Dalam diskusi yang digelar di Aula TMC Polda Metro Jaya (12/1). Telah disepakati susunan organisasi yang mewadahi kegiatan balap liar. Organisasi ini nantinya akan dibawah langsung Gubernur DKI Jakarta sebagai pelindung, kemudian diketuai oleh Dirlantas Polda Metro Jaya.

Selain itu, Dinas Pemuda dan Olah Raga bersama PP Ikatan Motor Indonesia (IMI) juga dilibatkan sebagai tim teknis yang mengatur regulasi dan merancang event.

Rencananya kegiatan balap akan dihajat layaknya kegiatan car free night.

"Kita laksanakan seperti car free night. Nanti ada surat rekomendasi dari kepolisian terkait pengamanan. Hal ini harus konsisten. Kita setuju dibentuk tim marketing agar bersinergi dengan para pemangku kebijakan dan stakeholder. IMI harus segera menyusun regulasi," jelas Kombes Pol. Risyapudin Nursin.

Perwakilan Pemda DKI Jakarta, Primus Wawo selaku Kabid Kewaspadaan Kesbangpol provinsi DKI Jakarta, mengapresiasi atau mendukung secara penuh dalam rangka mengantisipasi agar terorganisir.

"Fokus organisasi tingkat propinsi. Lokasi harus kordinasi dengan dinas terkait. Yakni bina marga dan tata air," bilang Primus.

Masih menurutnya, anggarannya juga dipertegas sehingga jelas. "Kita sarankan bentuk di tingkat propinsi dulu. Selanjutnya kita arahkan per wilayah. Kita fasilitasi nanti. Tongkat komando kita yang pegang," imbuhnya.

Jika kebijakan ini berhasil, maka diharapkan DKI Jakarta bisa menjadi contoh untuk propinsi lainnya. "Diharapkan dapat dicontoh oleh propinsi lain. Lokasi balap liar ada di setiap kotamadya. Musalnya Jakarta Pusat itu sering digelar di Jl. Asia Afrika, Kemayoran, bahkan hingga depan Istana Negara," lanjut Kombes Pol. Risyapudin, Dirlantas Polda Metro Jaya.

Lantas apakah kegiatan balap liar yang dilegalkan tak akan menganggu kelancaran lalu lintas?

"Polisi akan melakukan rekayasa arus. Kita maunya ini langsung action. Mungkin di bulan Februari. Setelah diskusi ini kita akan langsung buat tim inti untuk technical meeting," pungkas perwira menengah itu. 

balap liar
Kombes Pol. Risyapudin Nursin (tengah), 'legalisasi' balap liar akan segera dikoordinasikan dengan pihak Pemprov DKI Jakarta

Baca: Balap Liar Akan Dilegalkan?

 

EDITOR

erie

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Senin,19 Sept 2016 15:15 WIB

All New Honda BeAT ESP 2016 - Test Ride

Jumat,9 Sept 2016 13:30 WIB

KUN Bali & Banyuwangi 2016

Top