Jumat,5 Feb 2016 22:30 WIB

Penulis: Arief Aszhari

Keren, Siswa SMK Bikin Motor Berteknologi Android

Foto: Arief Aszhari

Beberapa fungsi dari motor diaktifkan lewat aplikasi Android

Jakarta- Keren nih. Selain mampu menciptakan mobil off-road Buggy ABCD, siswa SMKN 8 Bandung, Jabar, juga mampu menciptakan inovasi kecanggihan teknologi telekomunikasi dengan dunia otomotif. Yakni motor Android.

Apa sih motor Android? Motor android merupakan inovasi yang memungkinkan pemilik kuda besi mengendalikan kendaraan kesayangan hanya dengan satu handphone yang memiliki basis Android. Seperti menyalakan, mematikan dan membunyikan klakson.

"Saat ini kan banyak yang sudah pegang handphone Android, dan kami coba menghubungkan antara sistem elektronika ini masuk ke dunia otomotif (sepeda motor)," terang Wanda Utama, Siswa SMKN 8 Bandung yang menciptakan motor android.

Motor android diciptakan oleh para siswa kelas X sebanyak tujuh orang yang mengikuti ekstrakulikuler Robotic. Konsepnya sudah direncanakan tahun lalu dan pengerjaannya makan satu bulan.

"Aplikasi ini pakai bluetooth dan ada semacam prosesor yang dihubungkan dengan kelistrikan sepeda motor dan aplikasi yang kita bikin sendiri untuk menegndalikan," tambah Wanda.

Namun, motor Android ini memang belum sempurna. Wanda dan tim akan terus melakukan penelitian lebih lanjut terkait penemuannya ini dan menjadikan aplikasi motor Android lebih canggih.

 

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top