Sabtu,1 Okt 2016 09:45 WIB

Penulis: Antonius Yuliyanto

Laporan Langsung Dari Vietnam

Kunjungan Pabrik Helm Zeus di Vietnam, Setahun Produksi 3 Juta Unit!

  • Foto: Aant

    Pembuatan batok helm Zeus

  • Foto: Aant

    Lab pengujian helm Zeus

  • Foto: Aant

    Penempelan stiker helm Zeus

  • Foto: Aant

    Pengecatan helm Zeus

  • Foto: Aant

    Pembuatan lapisan styrofoam

Ho Chi Minh - Jumat ini (30/9) OTOMOTIF mendapat kesempatan mengunjungi pabrik helm Zeus di Ho Chi Minh, Vietnam atas undangan Motobaiku, salah satu distributor Zeus untuk pasar Indonesia yang gerainya berada di AEON Mall, BSD, Tangerang.

Pabrik helm Zeus di Vietnam ternyata ada 3 buah, yang tersebar di beberapa tempat namun masih dalam wilayah Ho Chi Minh. Menurut Shao Yan Jun, Director PT Long Huei Indonesia, selaku pemegang helm Zeus di Indonesia, pabrik pertama masuk Vietnam tahun 2000-an. “Asalnya kan dari Taiwan,” terangnya.

Pabrik pertama difokuskan untuk memproduksi bagian dalam helm, yaitu liner. Yang bahannya berupa busa dan kain, yang dirakit dengan cara dijahit. Termasuk juga perakitan strap. Pabrik ini paling kecil, luasnya hanya 15.000 meter persegi.

Pabrik kedua memproduksi batok helm dan aksesorinya yang berbahan plastik ABS. “Di sini juga ada laboratorium untuk pengujian helm sesuai standar masing-masing negara,” terang Jason, sapaan Shao. Termasuk ada alat untuk pengujian strap yang spesial untuk memenuhi standar Jepang (JIS).

Sementara pabrik ketiga yang baru mulai beroperasi Maret 2016 menjadi yang paling besar, luas tanahnya mencapai 10 hektar. Di sini proses yang terjadi lebih kompleks, mulai dari pembuatan bagian styrofoam, pengecatan batok yang dikirim dari pabrik kedua, pemasangan stiker, perakitan, sampai quality control dan pengemasan hingga siap dikirim. Dan di pabrik ketiga ini juga diproduksi helm Zeus yang berbahan serat karbon.

Besar dan luasnya pabrik, tak heran produksinya cukup banyak. “Satu tahun kami memproduksi helm sebanyak 3 juta, 1 juta yang full face dan 2 juta half face,” papar Jason. Sedang untuk pasar Indonesia saat ini Zeus baru bisa menjual 20 ribu helm per tahun. (otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top