Kamis,6 Okt 2016 15:18 WIB

Penulis: Luthfi Anshori

Lima Pilihan Tank Bag Untuk Pengguna Motor Sport, Harga Mulai Rp 200 Ribuan

Foto: Luthfi Anshori

7 Gear Enduro

Bekasi - Punya motor sport kadang memang merepotkan. Nggak adanya bagasi yang memadai, membuat kita kesulitan ketika ingin membawa barang atau sekadar menyimpan perlengkapan riding. Nah, belakangan ini sedang berkembang tren penggunaan tank bag di kalangan pengguna motor sport, baik naked maupun fairing. 

Pengaplikasian tank bag di motor sport ini sedikit banyak akan membantu kita dalam mengorganisir barang bawaan. Jika teliti dan rapi, barang bawaan ringan namun vital seperti  jas hujan, kanebo, sarung tangan, dan rain shoes cover bisa masuk ke dalam tas yang menempel di tangki motor ini. 

Nah, jika ingin memasukkan lebih banyak barang, kita bisa memilih tank bag dengan kapasitas lebih besar. Itulah sebabnya tank bag dibuat dalam berbagai variasi ukuran, tujuannya untuk membantu kita dalam menentukan jenis tank bag yang sesuai dengan kebutuhan. 

Beberapa produsen apparel bikers dan riding gear yang membuat tank bag adalah 7 Gear, Respiro, dan Contin. Semua ini produsen lokal lho. Hebat kan?. Oiya, harga tankbag bervariasi bergantung ukuran dan brand ya. Termurah ada Contin Flipper yang dibanderol Rp. 290 ribu. Sedang yang mahal ada Respiro Journey yang dihargai Rp. 550 ribu.

Penasaran? Berikut beberapa pilihan tank bag yang bisa digunakan di motor sport Anda:  

Contin Flipper
Contin Flipper

Contin Flipper (Mini Tankbag) 
Harga : Rp. 290 ribu
Spesifikasi : 
Jenis : Tankbag magnet
Bahan : Heavy duty polyster D1680 construction
Volume : 9-10 liter
Rain cover : Tersedia

Tankbag ini bentuknya kecil, hanya mampu memuat volume barang tidak lebih dari 10 liter. Namun bentuknya yang simple membuat motor yang dipasangi tankbag ini tidak terkesan ramai. Cocoklah buat dipakai riding harian atau keliling kota di akhir pekan.

7 Gear Enduro
7 Gear Enduro

7 Gear Enduro 
Harga : Rp. 450 ribu
Spesifikasi :
Jenis : Tankbag magnet
Bahan : Poly 600D, Balistic 1680, Poly 630D
Dimensi P x L x T : 35 cm x 24 cm x 15-30 cm
Volume : 18 liter (menjadi 25 liter jika diekspansi)
Rain cover : Tersedia

Ini dia tankbag yang cocok dipasang di motor penjelajah. Lihat aja, kapasitasnya bisa menampung barang hingga volume 25 liter. Banyak banget, kan?. Oleh 7 Gear, tankbag ini diklaim menggunakan 80 persen material lexter (sejenis bahan karet) pada bagian bawah yang mengurangi potensi tergoresnya tangki. Benar atau tidak, tampaknya masih perlu dibuktikan, nih.

Contin Skipper
Contin Skipper

Contin Skipper 
Harga : Rp. 486 ribu
Spesifikasi :
Jenis : Tankbag magnet
Bahan : Heavy duty polyster D1680 construction
Dimensi P x L x T : 25 cm x 35 cm x 17-27 cm
Volume : 18 liter
Rain cover : Tersedia

Setali tiga uang dengan 7 Gear Enduro, Contin Skipper juga ditujukan bagi para bikers yang hobi touring jarak jauh. Meski sama peruntukkannya, dari segi fisik keduanya berbeda. 7 Gear Enduro berbentuk kubus, sedang Contin Skipper berbentuk lebih simpel dan minim sudut dengan bagian atas yang landai. Tankbag ini sepertinya cocok diaplikasi pada motor sport berfairing.

Respiro Nusantaride
Respiro Nusantaride

Respiro Nusantaride 
Harga : Rp. 495 ribu
Jenis : Tankbag tali
Bahan : Polyester 600D WR PU coating acetal buckes
Dimensi P x L x T : 37 cm x 25 cm x 20 cm
Volume : 18 liter
Rain cover : Tersedia    

Tankbag ini menggunakan pengait berjenis tali. Cocok digunakan pada kendaraan yang menggunakan pelapis plastik pada plat besi tangkinya seperti Yamaha Byson dan Yamaha R25. Meski hanya menggunakan tali yang dikaitkan pada rangka dan di bawah jok, Respiro Nusantaride ternyata mampu membawa volume barang hingga 18 liter.

Respiro Journey
Respiro Journey

Respiro Journey 
Harga : Rp. 550 ribu
Jenis : Tankbag tali
Bahan : Polyester 600D WR PU coating acetal buckes
Dimensi P x L x T : 37 cm x 25 cm x 20-25 cm
Volume : 18 liter (menjadi 20 liter jika diekspansi)
Rain cover : Tersedia 

Ini barangkali menjadi salah satu tankbag yang harganya sama, bahkan bisa lebih mahal daripada satu unit top box (tanpa braket) direntang harga di bawah Rp. 1 juta. Tapi soal fungsionalitas tak ada yang membedakan di antara keduanya. Bahkan jika "mode expand" diaktifkan, Respiro Journey bisa memuat satu buah helm full face. Keren!.

Tankbag bisa menjadi alternatif bagi para bikers yang ingin menambah fungsionalitas di motor sportnya, namun tanpa mengesampingkan aspek penampilan. "Kalau menurut saya pribadi, tankbag tidak hanya memenuhi unsur function (kegunaan), tapi juga fashion (penampilan)," ujar Dedi, pengelola apparel bikers Dab Hobbies Bekasi kepada otomotifnet.com (3/10).

Selanjutnya, mengenai efek penggunaan tankbag bermagnet pada motor pasti ada konsekuensinya. Tangki motor jadi lecet-lecet karena penggunaan tankbag tersebut. "Sebagus apapun produk tankbag, pasti akan memberi efek negatif pada tangki motor. Tangki motor akan mengalami baret-baret atau warna kusam akibat gesekan magnet dengan permukaan tangki," lanjut Dedi yang gerainya ada di Jl. Pekayon Raya No. 53, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Oleh sebab itu tangki perlu dilapisi terlebih dahulu dengan stiker atau scotilite agar potensi tergores akibat gesekan bisa diminimalisasi.

Dab Hobbies Bekasi : 081283940563 (Rizal) 

EDITOR

Dimas Pradopo

Top