Rabu,21 Sept 2016 12:13 WIB

Penulis: Luthfi Anshori

Mini GP Lenka, Ada Dua Tipe Kerap Juara di Balap

Foto: Luthfi Anshori

Mini GP Lenka

Jakarta - Buat yang mau turun Mini GP besutan Lenka ini bisa menjadi salah satu alternatif. Sama seperti pocket bike atau motor kecil lainnya, motor ini hanya memiliki mesin 2-tak 50 cc dengan bobot 25 kg. Harganya? dijual kisaran Rp 3 juta sampai 3,5 juta. Meski mini mampu membawa beban berat maksimal rider hingga di atas 75 kg.

Mini GP Lenka dibagi menjadi dua varian, yakni GP dan GP R. Perbedaan keduanya terletak dari jenis sasis dan part yang digunakan. GP R menggunakan sasis teralis dan karbu berukuran 15 mm, sedang varian GP menggunakan sasis deltabox dan ukuran karbu yang lebih kecil, yakni 13 mm. Tambahan lain, GP R telah mengaplikasi kampas kopling spek racing.

Menurut salah satu distributor Lenka di Indonesia, Anjany Racing, motor mini ini bisa mencapai top speed hingga 60 km/jam. "Namun demi keamanan, puntiran gas mesti ditutup separuh jika yang menggunakan anak-anak di lingkungan rumah," ujar owner Anjany Racing, Angga Kurniawan kepada otomotifnet.com (20/9).

Diakui Angga pertumbuhan pocket bike di Indonesia memang sedang pesat-pesatnya. Ia bahkan bisa menjual hingga 200 unit Mini GP Lenka per bulannya."Pelanggan paling banyak berasal dari Kalimantan, kemudian Jawa. Kalau dipersentasekan 70% banding 30% lah," kata Angga yang telah menjual Mini GP Lenka dalam kurun 3 bulan terakhir.

Komunitasnya pun sudah ada dan kerap melakukan fun race hampir setiap pekan di Sirkuit Sentul Kecil. "Ajang ini dibagi tiga kelas. Kelas 8-14 tahun, kelas master 75 kg, dan kelas hobi di atas 75 kg," tutup Angga.  (otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top