Jumat,10 Juni 2016 16:15 WIB

Penulis: Harryt MR

Ngabubutips 2016

Nah, Sobat Bikers Ini Tips Tetap Fit Saat Berpuasa

Foto: Harryt

Perlu siasat agar tetap fit saat puasa

Jakarta - Sobat bikers, usah galau menjalani puasa, tanpa harus mengurangi aktivitas dengan mengendarai motor. Ataupun pergi-pulang kantor dengan nyemplak motor. Jangan kasih kendor sob, pasalnya aktivitas harus terus digeber demi profesionalitas kerja dan tentunya kangtau. Tul gak tuh…  

Nah terkurasnya energi, kemampuan berpikir juga konsentrasi bakal berkurang seiring rutinitas bermotor. Untuk itu ada beberapa langkah agar tetap fit saat berpuasa bagi sobat bikers, yuks simak ulasan berikut.

Perhatikan Pola Makan Dan Minum

Pola makan dan minum saat berpuasa bukan berarti dikurangi, namun waktu-nya saja yang perlu diatur. “Makan 3 kali sehari bisa diterapkan setelah buka puasa, contohnya sesudah menjalankan kewajiban buka puasa. Di pukul 7 malam sebaiknya kita tetap melakukan makan malam, kemudian makan disaat saur,” ujar Gandung Darmoko selaku pelatih juga pengawas fisik dari IMI Racing Academy.

Nah ketika sahur, upayakan jangan terlampau banyak memakan-minum yang manis. “Makanan manis membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin secara cepat, insulin berfungsi memasukkan gula dari dalam darah ke sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi,” jelas Dr. Errawan Wiradisuria, SpB-KBD, M.Kes.

Masih menurut Dr. Errawan. Menu sahur sebaiknya dipilih yang banyak mengandung serat dan berkuah. Misalnya sayur dan buah-buahan. Makanan berserat berkhasiat mengurangi rasa lapar dan haus di siang hari. “Asupan gizi yang baik akan menjaga produktifitas dan kondisi tubuh tetap fit selama berpuasa,” imbuh pria yang praktek di RS. Medistra, RS. International Bintaro, RS. Puri Cinere dan RS. Siloam Kebon Jeruk ini.

Ketika saat berbuka puasa tiba, makanan-minuman usahakan konsumsi unsur-unsur yang dibutuhkan tubuh. Yakni meliputi enam jenis zat gizi. “Diantaranya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Perhatikan keseimbangannya, baik porsi maupun asupan gizi, sebab akan mempengaruhi susunan saraf pusat dan kondisi bio kimia tubuh,” anjur Dr. Errawan yang dikenal hobi menungggang motor H-D dan tergabung di klub Meddocs (Medical Doctors) itu.

Istirahat Yang Cukup

Metabolisme tubuh tidak hanya ditentukan oleh asupan gizi yang ideal, tapi ditentukan pula oleh waktu istirihat yang baik. “Saat berpuasa sebaiknya mulai tidur tidak melebihi pukul 10,” ucap Gandung Darmoko yang merupakan lulusan IKIP jurusan Olah Raga ini.

Konsentrasi saat riding, merupakan hal mutlak buat motobikers. Oleh karenanya istirahat yang berkualitas berguna menjaga tubuh tetap fit juga konsentrasi. “Istirahat yang berkualitas berguna untuk penyerapan nutrisi,” timpal Dr. Errawan Wiradisuria, SpB-KBD, M.Kes menjelaskan.

Untuk itu upayakan mengatur waktu istirahat. “Jumlahnya tetap 8 jam (waktu istirahat yang ideal). Nah ketika berpuasa tinggal mengatur waktunya saja,” bilang Gandung menambahkan.   

EDITOR

Harryt MR

Top