Rabu,23 Des 2015 16:35 WIB

Penulis: Pilot

Nih Bebek Paling Pintar MX-King 150

  • Foto: Salim

    Yamaha MX king

  • Foto: Salim

    Yamaha MX king

  • Foto: Salim

    Yamaha MX king

Jakarta - Mengisi waktu luang sepulang kerja, Ucup dan Ucil main tebak-tebakan di salah satu cafe di Kemang, Jakarta Selatan. Hingga tiba giliran Ucup melontarkan pertanyaan. Apa ya pertanyaanya?  

"Cil, tau gak, bebek... bebek apa yang paling pinter???," tanya Ucup sambil cengar-cengir.

"Wah apa ya? Sebentar ya, kasih waktu untuk berfikir. Enggak akan menyerah," yakin Ucil.

"Yakin enggak menyerah? Nih aku kasih info tambahan. Yang pasti karena pinternya bisa memberikan banyak informasi. Nah tuh apaan tuh," cecar Ucup.

"Ahhhhh... menyerah aja deh! Susah banget," jawab Ucil lemas..

"Baiklah, aku kasih tau ya! Yang paling pintar adalah Yamaha MX King 150," jawabnya.

"Loh kok ke motor sih, aku pikir bebek beneran. Terus yang pintar apanya?" tanya Ucil kesal.

"Tenang, jangan ngambek dulu. Yamaha MX King 150 punya salah satu fitur yang paling pintar yaitu panel indikator di spidometernya. Selain menampilkan sapaan “Hi

Buddy, sapaan ini bisa diganti dengan nama sendiri, atau kata yang lain. Jadi bisa memberikan efek personalisasi bagi pemiliknya. Sekaligus memberikan semangat saat hendak mengendarai motor ini. Keren kan!" yakin Ucup.

Lanjut, Ucup menjelaskan fitur lain di spidometernya. "Ada 6 informasi yaitu odometer, tripmeter 1, tripmeter 2, fuel eco consumption, average eco (konsumsi BBM km/L) dan average speed. Tuh pintar banget kan, informasi selengkap ini hanya ada di MX King 150," tutur Ucup dengan lugas mengajak Ucil langsung mendekat ke motornya.

"Wah, kamu sudah ganti motor baru ya! Pakai MX King 150 sekarang?" seru Ucil.

"Iya dong, keren gini bro.. Untuk mengeset atau merubah tampilan informasi cukup tekan tombol reset. Posisinya ada di bawah sebelah kanan dari panel indikator ini. Sedang fuel eco consumption berfungsi untuk mengetahui seberapa ekonomis gaya berkendara. Mirip di Yamaha NMAX, jika angkanya makin besar berarti makin ekonomis. Sedangkan average eco untuk mengetahui konsumsi BBM rata-rata yang didapat. Mirip seperti informasi yang ada di spidometer mobil," jelas Ucup panjang lebar.

Teknologi lainnya, MX King 150 sudah mengusung mesin 150 cc dengan empat klep persis mesin New V-Ixion. Stroke-nya 58,7 mm dan diameter pistonnya 57 mm, wajar jika impresi perdananya, punya torsi galak di putaran bawah.

Sebagai pendinginan mesin, sudah ada radiator. Blok silindernya sudah DiASil cylinder yang terbuat dari material logam campuran dari aluminium dan silicon, juga mengandalkan forged piston yang dibuat dengan sistem forging atau ditempa.

Bagaimana dengan powernya? Yamaha mengklaim MX King 150 punya tenaga 15,5 dk di 8.500 rpm. Torsinya, sesuai dengan karakter mesin yang over stroke torsinya 13,8 Nm di 7.000 rpm.

Rangkanya tipenya tubular dengan monoshock di roda belakang. MX King 150 memiliki sumbu roda 1.290 mm sehingga tetap lincah. Urusan pengereman, sudah mengusung disc brake di kedua roda, baik depan maupun belakang.

Untuk pelek dan roda, MX King 150 jelas gagah dong, sekilas terlihat mirip seperti pelek YZF-R15. Pelek depan ukuran 1.85 inci dengan ban 70/90-17, sedang yang belakang 3.50 inci dengan ban ukuran 120/70-17.

"Desainnya? Lihat sendiri keren banget kan! Bukan cuma pintar dan keren, motor ini juga kencang Nyatanya sudah jadi juara Indoprix 2015 kelas 150 cc. Mantab kan!," seru Ucup menutup obrolan.

Wow! ADV

 

EDITOR

Pilot

Top