Kamis,10 Des 2015 16:59 WIB

Penulis: erie

Preview Otomotif Choice Award 2015

Preview Otomotif Choice Award 2015: Kategori Motor

Foto: Dokumentasi Otomotif

Otomotif Choice Award 2015

Jakarta- Tahun ini Otomotif Choice Award 2015 (OCA), kegiatan yang keempat kalinya, akan dihelat di JCC Senayan, Jakpus pada hari Jumat depan (11/12).

Dibandingkan penyelanggaraan OCA tahun-tahun sebelumnya perhelatan tahun ini punya makna khusus.

Karena dalam survey yang dilakukan oleh Divisi Riset dari GoM Kompas-Gramedia mendaptakan berbagai temuan dimana konsumen saat ini semakin kritis dalam memenuhi kebutuhan dunia otomotifnya.

Mereka akan memilih produk-produk otomotif yang menurut mereka menjadi yang terbaik. Untuk itu pula tema OCA 2015 adalah “Pilihan Prioritas”.  
Nah, temuan-temuan yang terbaik itu dalam OCA berupa merek-merek yang jadi pilihan prioritas konsumen tahun ini. Datanya diperoleh dari hasil survey di kota-kota seperti Medan, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Banjarmasin.

Pemilihan kota-kota tersebut didasarkan pada data yang dimiliki oleh Otomotif sebagai wilayah yang mempunyai pertumbuhan ekonomi yang baik.

“Responden yang terpilih tentu saja harus memenuhi sejumlah kriteria. Pertama, individu yang yang jadi repsonden harus paham soal dunia otomotif. Kemudian individu yang sama juga punya pengalaman dalam membeli spare part ataupun aksesori otomotif. Dan yang terakhir, mampu merekomendasikan produk yang dianggap memenuhi ekspektasinya ke individu lain,” sebut Hendy Aditya, Riset GoM Kompas-Gramedia.

Dijelaskan lagi oleh Hendy bahwa responden yang terpilih tentu saja harus memenuhi sejumlah kriteria. Pertama, individu yang yang jadi repsonden harus paham soal dunia otomotif. Kemudian individu yang sama juga punya pengalaman dalam membeli spare part ataupun aksesori otomotif. Dan yang terakhir, mampu merekomendasikan produk yang dianggap memenuhi ekspektasinya ke individu lain.  

Selain itu seleksi atas pendapat dari responden juga dilakukan dengan acuan lima kriteria, yaitu, unique selling point, kemudahan didapat, edukasi, harga dan testimoni dari pengguna.

Unique selling point lebih melihat kepada kemasan atau paket apa yang didapat konsumen saat membeli produk tersebut. Apakah ada sesuatu yang menarik atau lebih yang diterima atau justru hanya terlihat biasa-biasa saja. Juga ragam tipe yang ditawarkan. Apakah hanya satu macam atau justru sangat beragam.

Lantas kemudahan didapat tentu sudah pasti berhubungan dengan ketersediaan barang di pasaran. Semakin gampang didapat tentu baik buat konsumen. Untuk edukasi kepada konsumen bisa dilakukan beragam. Seperti melakukan kegiatan aktivasi atau promosi yang tepat sasaran. Informasi yang disampaikanpun bisa diterima dengan jelas dan mudah dipahami. Sekaligus mendidik konsumen memahami produk tersebut.

Selanjutnya harga, merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli. Biasanya semakin mahal harga berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan. Nah, OTOMOTIF menilai jika harga lebih murah dengan kualitas setara tentu akan mendapat poin lebih baik.

Demikian  pula sebaliknya. Testimoni dari pengguna juga merupakan masukan penting. Karena bisa dibilang merekalah yang telah merasakan secara langsung produk yang  ditawarkan.

Nah, berikut hasil dari survey tersebut yang kemudian menjadi nominasi dari sejumlah kategori produkdalam OCA 2015. Berikut ini nominasi merek dalam kategori Motor. eRIE (Otomotifnet.com)
 

KATEGORI MOTOR
BAN MOTOR IMPOR:     

BRIDGESTONE              
DUNLOP              
IRC              
            
BAN MOTOR LOKAL:             
ASPIRA              
SWALLOW              
FDR              
            
CDI MOTOR:             
REXTOR              
BRT              
            
BUSI MOTOR:              
DENSO              
NGK              
BOSCH              
            
PELEK RACING:
COMET              
ENKEI              
TDR              
            
ECU & PIGGYBACK MOTOR:             
ARACER              
BRT              
POWER COMMANDER PCV              
            
GIR MOTOR:              
SSS              
INDOPARTS              
ASPIRA              
            
RANTAI MOTOR:
INDOPARTS              
ASPIRA              
SSS              
            
BOHLAM MOTOR:             
PHILIPS              
OSRAM              
ASPIRA              
            
SOKBREKER BELAKANG MOTOR:
YSS              
ASPIRA              
KAYABA              
            
KNALPOT MOTOR:
CLD              
KAWAHARA              
DAYTONA              
            
AKI MOTOR:
GS ASTRA              
YUASA              
INDOBATTERY              
            
KAMPAS REM MOTOR:             
TDR              
ASPIRA              
DAYTONA              
            
HELM MOTOR:
GM              
INK              
KYT              
            
SARUNG TANGAN MOTOR:
ALPINESTARS              
AHRS              
RAJAMOTOR              

Otomotif Choice Award 2015: Pilihan Prioritas

Preview Otomotif Choice Award 2015: Kategori Mobil

 

EDITOR

erie

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Senin,19 Sept 2016 15:15 WIB

All New Honda BeAT ESP 2016 - Test Ride

Jumat,9 Sept 2016 13:30 WIB

KUN Bali & Banyuwangi 2016

Top