Selasa,17 Nov 2015 02:08 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Sembilan Motor Baru Ducati Versi 2016 Rilis Bersamaan, Ini Detailnya!

Foto: Popo

Sembilan Motor Baru Ducati Versi 2016 Rilis Bersamaan, Ini Detailnya!



Milan - Bertempat di Elfo Puccini Theater yang terletak di Corso Buenos Aires, Milan, Italia (17/11), Ducati secara bersamaan merilis 9 sepeda motor barunya untuk tahun 2016. Ada yang hanya penyempurnaan minor hingga benar-benar baru!

Dalam kesempatan ini, CEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicali langsung melepas semua motornya kepada publik. "Tema kali ini adalah more than red namun ada black, wild and pop," beber Claudio.

Warna merah merupakan warna khas Ducati, tapi sengaja mendobrak kebiasaan, kali ini justru muncul unsur black dari Ducati XDiavel terbaru. "Sosok yang true cruiser," bebernya. Selain desain baru yang super berkelas, motor ini juga dibekali dengan mesin Testastretta DVT 1262 dengan tenaga maksimum 156 dk.

Teknologi unggulan seperti Bosch Inertial Measurement Unit (IMU) yang bekerja bersama Ducati Traction Control (DTC) sengaja dipasang. Lainnya, ada Riding Modes, Bosch Cornering ABS, Cruise Control dan Ducati Power Launch (DPL) system.
Kesan wild atau liar diwakili Multistrada 1200 Enduro, motor ini mendobrak pembatas sepeda motor yang mampu menjelajah di semua kondisi jalan. Kaki-kakinya pakai ban pacul berdiameter 19 inci di depan dan 17 inci di belakang, fiturnya juga sudah full optional untuk melibas medan adventure ekstrim. Di pasaran bakal langsung menantang BMW GS 1200 series nih!

Ducati juga merilis Multistrada 1200 Pikes Peak yang merupakan replika motor ini saat melibas kompetisi Pikes Peak di Amerika Serikat. Suspensi Ohlins jadi pembeda dari versi standar, selain itu sudah pakai livery Pikes Peak dan beberapa komponen bodi carbon fiber.

Sedang jiwa Pop diwakili dua Ducati Scramblers baru. Yang pertama Ducati Scramblers, Flat Track Pro version yang dikembangkan dari hobi baru sang legenda superbike, Troy Baylis di Amerika yaitu balap flat track. Bedanya ada plate number di sisi samping, headlamp cover, knalpot dari Akrapovic hingga beberapa detail kecil seperti footstep dan cover master rem CNC.

Lalu yang kedua adalah yang ditunggu-tunggu, all-new Ducati Scrambler Sixty2. Kapasitas mesinnya lebih kecil hanya 399 cc namun memiliki dimensi bodi yang sama dengan model terdahulu dengan mesin 803 cc. "Scrambler Sixty2 membagikan rasa enjoy berkendara dengan kapasitas mesin yang lebih ringan," jelas Claudio.

Lainnya, ada Hypermotard 939, Hypermotard 939 SP dan Hyperstrada 939 yang diresmikan kehadirannya oleh dua pembalap Ducati MotoGP, Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso. Sedang Davide Giugliano merilis new Panigale 959 yang menggantikan Panigale 899. Motor ini hadir dalam dua versi knalpot sesuai regulasi, ada yang underbelly untuk performa maksimal khas Panigale dan panjang agar lolos standarisasi emisi Euro 4.

Sedang yang dua lagi adalah Monster 1200 R yang sudah dirilis lebih dulu di Frankfurt, dan new Ducati Scrambler version yang didevelop bareng Italian Independent yang akan rilis akhir tahun ini.


Rencananya, semua varian ini akan ditampilkan di EICMA 2015 yang bakal berlangsung dari 18-22 November 2015. Dan mulai akan dipasarkan awal tahun 2016 mendatang. Keren! (otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top