Selasa,17 Nov 2015 09:15 WIB

Penulis: pewete pewete

Trik Memilih Jas Hujan, Perhatikan Bahan dan Barcode-nya!

Foto: OTO-Toncil

Trik Memilih Jas Hujan, Perhatikan Bahan dan Barcode-nya!


Jakarta - Bersiap-siap. Berkali-kali hujan sudah mulai turun di sejumlah wilayah. Patut diwaspadai karena turunnya kadang dalam waktu cepat perlu didasari para biker agar mempersiapkan jas hujan di motor. Tinggal dipakai saja waktu ada guyuran air, biar enggak ikut-ikutan berteduh di halte, atau bawah jembatan penyebrangan yang malah bikin jalan macet.

Jangan suka berpikir mau enaknya sendiri, tapi juga harus lihat lingkungan sekitar. Untuk memilih bahan jas hujan yang baik, sebaiknya pilih yang polyester. "Konstruksi bahannya ringan. Jadi pas dipakai tidak terlalu memberatkan. Mudah untuk disimpan juga," sebut Tedy Suryadi, Marketing Communication & Community Development PT Sinergi Ventura Pratama, pemegang merek Respiro.


Pada sambungan bahan terhadap sealant yang bisa saja terlepas jika dicuci dengan cara kasar

Untuk mengetahui penggunaan bahannya, biasanya ada di barcode tag. Produsen barang yang baik akan menyertakan penggunaan bahan pada produknya sehingga tidak terjadi aksi tipu-tipu. Saat ini beredar cukup banyak jas hujan yang bisa dipilih. Mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah.

"Terpenting, jangan pilih yang terlalu murah Sebab, biasanya kalau yang terlalu murah kualitasnya justru kurang baik," sebut Ah Kong, pemilik toko aksesori motor Jaya Makmur di kawasan Cijantung, Jaktim. Merek yang saat ini banyak dipakai yakni Axio. Produk ini sudah berbahan polyester dan cukup banyak diandalkan pemotor.


Perhatikan barcode tag. Akan tertera dengan jelas bahan-bahan yang dipakai

Jika ingin tampil lebih premium, bisa memilih produk RS Taichi dengan harga Rp 750 ribu, atau Dainese yang dihargai Rp 1.450.000 (model one piece) dan Rp 2 juta (two piece). Baik RS Taichi maupun Dainese, memiliki lapisan pengaman yang cukup lengkap.

Setelah adanya retsleting, masih ditutup pula dengan bahan jaket tersebut dan direkatkan menggunakan velcro. Ini supaya air tidak menyusup pada sambungan tersebut. Untuk menyesuaikan dengan keinginan pengendara, ada velcro untuk mengecilkan ukuran di beberapa tempat.
 
"Kalau terlalu besar juga jadi tidak enak. Supaya bisa sesuai, maka pakai Velcro tersebut," ucap Nopy Sero, Supervisor Motoritz, di jalan Mahakam 1 No 17, Jaksel, yang menjual produk jas hujan Taichi dan Dainese. • (otomotifnet.com)


Pada jas hujan RS Taichi, selain resleting, dilengkapi juga penutup yang menggunakan Velcro


Tali ini untuk mengencangkan bagian bawah supaya tidak terlalu besar bagi pengendara

EDITOR

Otomotifnet

Top