Rabu,10 Feb 2016 09:45 WIB

Penulis: fendi

Baju Baru Mobil Reli Toyota Yaris

  • Foto: wrc.com

    Toyota Yaris WRC dengan livery baru, diperkenalkan belum lama ini di Jepang

  • Foto: Toyota Motorsport

    Livery Yaris WRC mirip dengan Toyota TS050 Hybrid untuk kejuaraan dunia balap mobil ketahanan tahun ini

  • Foto: wrc.com

    Tommi Makinen (tengah) dipercaya menggarap pengembangan Yaris WRC di Finlandia

Jepang – Toyota yang berencana kembali berkompetisi di kejuaraan dunia reli (WRC) pada 2017 menggunakan Toyota Yaris, Kamis (4/2) di Jepang memunculkan penampakan mobil yang akan mereka gunakan lengkap dengan desain livery baru.

Yaris World Rally Car itu diperkenalkan Toyota Gazoo Racing saat berlangsungnya konferensi pers di Jepang. Jika selama uji coba mobil berwarna putih polos, kini sudah dikasih baju warna putih, hitam dan merah.

Livery ini mirip dengan mobil Toyota TS050 Hybrid yang akan dipakai di kejuaraan dunia balap mobil ketahanan. Beberapa tahun sebelumnya, mobil balap ketahanan Toyota berwarna putih dan biru. Mobil TS050 Hybrd diperkenalkan bareng dengan Yaris WRC.

Team principal WRC Tommi Makinen hadir di acara ini, namun tidak ada kabar terbaru mengenai mobil Yaris yang sedang digarap di tempatnya di Finlandia.

Yaris saat ini sedang dikembangkan oleh Makinen, juara dunia reli 4 kali berturut-turut (1996-1999) mengepalai Toyota Gazoo Racing.

Reli Dakar 2016 Mikko Hirvonen
Mantan pereli dunia Mikko Hirvonen mendapat tugas sebagai penguji mobil Yaris WRC mulai tahun ini

Tahun lalu Yaris WRC sudah menjalani uji coba. Rencananya kembali diuji coba bulan Maret di Finlandia dan Jerman, menjelang kembalinya Toyota ke WRC pada 2017.

Miko Hirvonen, runner-up WRC empat kali yang sudah pensiun sejak 2014 dan baru saja mengikuti reli Dakar, diharapkan bisa mengambil tugasnya sebagai test driver, sebelum tim pindah sepenuhnya ke pabrik motorsport Toyota di Jerman.

Kabarnya, juara dunia 9 kali Sebastoen Loeb dan juara dunia 2003 Petter Solberg akan ambil bagian dalam menguji coba mobil reli Toyota tahun ini, tetai belum ada konfirmasi dari pabrikan asal Jepang ini. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top