Senin,12 Okt 2015 07:30 WIB

Penulis: Iday

GP2 Rusia. Hasil Race 2, Rio Haryanto Runner-up

Foto: Media Relations Rio Haryanto, GP2

GP2 Rusia. Hasil Race 2, Rio Haryanto Runner-up





Rio Haryanto kembali naik podium usai menjalani 21 lapbalapan kedua (sprint race) di Sochi Autodrom, Rusia (11/10).

Rio start keempat. Jalannya balapan diwarnai tabrakan ReneBinder dan Marlon setelah Sergey Sirotkin menyebabkan Dean Stoneman berputar.

Rio terhindar dari masalah dan naik dua peringkat sebelumsafety car pertama diturunkan.

Rio kemudian selalu menjaga jarak aman dengan RichieStanaway yang memimpin sejak lap pertama.

Saat lomba menyisakan dua lap, Johnny Cecotto mengalamikecelakaan besar di tikungan ketiga. Di sisi lain, Rio akhirnya berhasilmenyalip Stanaway dengan margin yang sangat tipis sebelum safety car keduaditurunkan.

Rio mengaku menyalip Stanaway sebelum lampu safety car menyala.Sementara Stanaway mengaku kalau ia -yang saat itu berada di kanan- tahu adasafety car light sehingga ia tidak ngotot mempertahankan posisinya ketikadisalip Rio.

Stanaway pun kembali menyalip Rio meski keduanya telahberada di belakang safety car. Pembalap asal Selandia Baru tersebut lalumencapai finish pertama diikuti Rio dan Raffaele Marciello.

Race stewards lalu menginvestigasi manuver Rio terhadapStanaway untuk menentukan siapa yang sebenarnya berada di posisi pertama sebelumperiode safety car.

 “Balapan berlangsungsangat baik di mana mobil kembali menunjukkan kecepatannya. Memulai lomba dariposisi keempat, saya naik ke urutan kedua di lap pertama dan kemudian terusmenempel Richie Stanaway. Pada lima lap terakhir, ia mulai kehilangan kecepatandan saya menyalipnya sebelum safety car turun,” ujar Rio yang tergabung dalamtim Campos Racing.

“Tak lama kemudian, Stanaway kembali menyalip yangseharusnya tidak diperbolehkan jika berada di belakang safety car. Saya masihmenunggu hasil investigasi dari stewards. Sisi cerahnya, hasil dari Rusiasangat positif dan saya kembali naik podium membawa bendera Merah Putih. Terimakasih atas semua dukungan yang terus mengalir,” lanjut pembalap yang disupportPertamina ini.

Sementara itu pimpin klasemen, Stoffel Vandoorne yang finishkeempat berhasil mengunci gelar juara GP2 Series 2015. Namun perebutan posisikedua masih terbuka. Menariknya, Rio naik peringkat kembali jadi ketiga ditangga klasemen pembalap.

Di sisi lain, pembalap Indonesia dari tim Jagonya Ayam withCarlin, Sean Gelael menuntaskan balapan di posisi 20. Meski paling akhir dantertinggal satu lap, ia bisa finish.  

Hasil Race 2

1.                            R. Stanaway       Status Grand Prix             40:30.089            

2.                            R. Haryanto        Campos Racing                  40:30.668            

3.                            R. Marciello        Trident                                 40:31.382            

...

20,                          S. Gelael              Carlin                     40:46.320

Klasemen pembalap

1 .           S.Vandoorne    277.5

2.            A. Rossi                169.5

3 .           R.Haryanto        126

4 .           S.Sirotkin            121

5 .           A. Lynn                 90


EDITOR

fauzi

Top