Senin,4 Jan 2016 01:00 WIB

Penulis: fendi

Reli Dakar 2016

Hujan Deras, Tahapan Pertama Reli Dakar Dibatalkan

Foto: Red Bull

Peserta akan mulai menjalani kompetisi reli paling sulit dan terpanjang di dunia ini pada hari Senin (4/1)

Argentina – Dengan alasan keamanan, panitia membatalkan tahapan pertama reli Dakar 2016 hari Minggu (3/1) untuk semua kategori (mobil, sepada motor, quad dan truk), akibat hujan deras.

Reli Dakar 2016 yang pada tahapan pembuka (prologue) hari Sabtu terganggu akibat mobil peserta keluar jalur dan mencederai belasan penonton, kali ini dibatalkan karena faktor cuaca.

Pada tahapan pertama ini, peserta sedianya akan memacu kendaraannya dari Rosario menuju Villa Carlos Paz dengan jarak tahapan yang harus ditempuh sejauh 227 km untuk sepeda motor dan quad, 258 km buat peserta mobil dan truk.

Rencananya, peserta sepeda motor yang pertama melaju pada pukul 08.00 pagi waktu setempat, tetapi hujan memaksa penyelenggara reli menunda startnya.

Cuaca yang tidak berangsur membaik, akhirnya diambil keputusan untuk membatalkan tahapan buat semua kategori dengan alasan keamanan. Helikopter saja tidak bisa lepas landas.

Para peserta langsung melakukan perjalanan secara konvoi menuju Villa Carlos Paz.

Ini berarti pengendara sepeda motor tim Honda, Joan Barreda dan Ruben Faria yang mengendarai Husqvarna, sama-sama memimpin setelah mereka mencatat waktu terbaik pada tahapan pembuka hari Sabtu dari Buenos Aires ke Rosario sejauh 11 km.

Reli Dakar 2016 Honda Joan Barreda
Joan Barreda (Honda) sementara memimpin setelah finish tercepat pada tahapan pembuka hari Sabtu (2/1)

Di kategori mobil, Bernhard ten Brinke yang mengemudikan Toyota Hilux yang memimpin, diikuti Carlos Sainz dengan Peugeot.

Sementara pada kategori truk belum ada yang memimpin karena mereka tidak sempat melaju setelah terjadi kecelakaan di tahapan prologue yang mencederai belasan penonton.

Dengan pembatalan tahapan pertama ini, berarti peserta akan memulai kompetisi pada hari Senin (4/1) dari Villa Carlos Paz menuju Termas de Rio Hondo sejauh 450 km buat sepeda motor dan 521 km buat pengendara mobil.

Reli Dakar 2016 ini nanti akan melewati negara Bolivia mulai hari Kamis (7/1) sampai Sabtu (9/1) dan kembali lagi ke Argentina, finish 16 Januari di Rosario. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top