Senin,7 Maret 2016 18:00 WIB

Penulis: fendi

WRC Seri 3

Kena Penalti, Hyundai Gagal Hat-trick Podium

  • Foto: Hyundai Motorsport facebook

    Tim Hyundai gagal mencetak hat-trick podium akibat salah komunikasi dalam pemakaian ban

  • Foto: Hyundai Motorsport facebook

    Kesempatan Dani Sordo memetik podium pertamanya musim ini akhirnya sirna, setelah dipenalti dua detik

  • Foto: wrc.com

    Salah satu aksi Dani Sordo mengendarai i20 baru di reli Meksiko, Hyundai akan kembali jadi lawan berat bagi tim Volkswagen

Meksiko – Keinginan tim Hyundai untuk naik podium tiga kali berturut-turut di awal kejuaraan dunia reli (WRC) musim ini, kandas setelah perelinya kena penalti.

Tim Hyundai yang menurunkan mobil i20 spek 2016, memulai kompetisi WRC dengan baik ketika Thierry Neuville finish ketiga di Monte Carlo, Januari lalu. Kemudian Hayden Paddon podium runner-up di reli Swedia.

Pada reli Meksiko yang baru saja usai, Hyundai jadi penantang berat skuad VW. Sejak hari pertama, Thierry Neuville sudah melakukan tekanan terhadap pimpinan klasemen Sebastien Ogier.

Sayang, Neuville yang nyaris menyodok ke depan, mobilnya melintir di awal hari kedua. Suspensi mobilnya rusak, pereli asal Belgia itu tidak bisa meneruskan lomba.

Neuville rontok, masih ada Dani Sordo dan Hayden Paddon. Namun Sordo yang di hari kedua berada di urutan tiga, posisinya terancam pereli VW lainnya, Andreas Mikkelsen.

Sordo sedikit lega, karena Mikkelsen mengalami kecelakaan di SS15. Seteru terdekat datang dari pereli tim M-Sport Mads Ostberg yang hanya terpaut 2 menit di akhir hari ketiga.

Sampailah di akhir lomba. Dani Sordo mempertahankan posisi ketiganya yang juga podium pertamanya musim ini. Sementara tim Hyundai Motorsport merayakan keberhasilan hat-trick naik podium.

Mobil generasi baru Hyundai i20 telah membawa semua pengemudinya naik podium di awal musim ini.

Sayang, kebahagiaan mereka hanya sesaat. Tak lama setelah seremoni di podium, keluar pernyataan dari penyelenggara yang memberi hukuman dua menit kepada Sordo.

Sordo yang semula unggul 1 menit 58,5 detik dari Mads Ostberg, harus menyerahkan trofi podium ketiganya kepada Ostberg. Karena Ostberg berbalik unggul 1,5 detik dari Soro yang harus puas di peringkat empat.

Dani Sordo dipenalti akibat melebihi batas pemakaian ban. Selama mengikuti reli, ia memakai 29 ban, kelebihan satu dari yang diizinkan sesuai Pasal 7.2 dari Peraturan Tambahan.

Team principal Michel Nandan dan manajer tim Alain Penasse mengatakan kepada pengawas lomba, ada kesalahan komunikasi pemakaian tiga ban baru dan dua ban bekas untuk i20 Sordo di zona pemasangan ban. Bukannya tiga ban bekas dan dua unit ban baru.

Hmm..sayang ya. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Sabtu,1 Okt 2016 18:45 WIB

KUN Manado 2016

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Top