Kamis,16 Juni 2016 15:30 WIB

Penulis: JLM

Balap Ketahanan 24 Heures du Mans

Kualifikasi Pertama Le Mans 24 Hours: Porsche Team Mendominasi

  • Foto: Porsche AG

    Hasil kualifikasi sesi pertama, Porsche torehkan yang tercepat di urutan 1 dan 2

  • Foto: Porsche AG

    Porsche 919 Hybrid menargetkan kembali mengulang sukses musim lalu di edisi Le Mans 2016

  • Foto: Porsche AG

    Porsche Team menurunkan dua unit 919 Hybrids dengan nomor start 1 dan 2

  • Foto: Porsche AG

    Mark Webber (kiri) dan Brendon Hartley (kanan) menyaksikan aksi rekan setimnya, Timo Bernhard di sesi kualifikasi pertama

LE MANS - Ajang balap ketahanan mobil paling bergengsi Le Mans 24 Hours berlangsung (18-19/6) di trek Bugatti Le Mans. Kelas LMP1, Porsche memamerkan kedigdayaannya.

Dua besutan Porsche Team LMP1, Porsche 919 Hybrids menyabet dua pencetak waktu tercepat di sesi kualifikasi pertama. Di ajang balap ketahanan penentuan sistem kualifikasinya berbeda dengan balap mobil umumnya.

Katakanlah F1 atau WTCC untuk posisi startnya mengaplikasi standing start (start dari posisi mobil diam). Sementara di balap ketahanan menggunakan rolling start di mana semua mobil dalam kondisi jalan dengan kecepatan yang telah ditentukan hingga kemudian lampu start mati dan pembalap diperbolehkan berakselerasi.

Begitu pula dengan sistem kualifikasinya yang dibagi jadi tiga sesi. Penentuan posisi start berdasarkan hasil akumulasi terbaik dari tiga sesi tersebut.

Nah di sesi pertama Porsche Team, skuat nomor 2 dan 1, menyabet dua besar.  Oh iya, kubu Porsche di balap ketahanan ini menurunkan dua mobil dengan komposisi pembalapnya, adalah Timo Bernhard, Mark Webber dan Brendon Hartley (mobil nomor 1) dan Romain Dumas, Neel Jani dan Marc Lieb (mobil nomor 2).

Rival tim Porsche datang dari pabrikan besar lainnya sepeti Audi, Toyota dan Nissan yang juga membidik kemenangan di ajang balap ketahanan paling bergengsi ini.

Modal kualifikasi pertama memang belum berarti apa-apa mengingat masih ada dua sesi kualifikasi di Le Mans 24 Hours ini.

"Masih ada sehari lagi untuk kualifikasi sebelum menghadapi balapan sesungguhnya. Hasil sesi pertama menunjukkan pikiran kami sudah di saat balapnya," celoteh Mark Webber yang juga eks-pembalap F1 di tim Red Bull itu.

Sesi kualifikasi 2 dan 3 bukan tidak mungkin Audi, Toyota dan Nissan bakal memberikan kejutan. (otomotifnet.com)

EDITOR

JLM

Sabtu,1 Okt 2016 18:45 WIB

KUN Manado 2016

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Top