Senin,23 Nov 2015 18:15 WIB

Penulis: Iday

Lagi, Rio Haryanto Akan Tes Mobil F1 di Abu Dhabi!

Foto: Media relations Rio Haryanto

Rio Haryanto akan mengetes ban Pirelli di mobil F1, 2 Desember 2015 di Abu Dhabi

Rio Haryanto akan menguji coba ban Pirelli bersama tim F1 Manor Marussia, Selasa, 1 Desember 2015 di Abu Dhabi. Rio akan tampil bersama pembalap Inggris Jordan King mengikuti sesi yang diperuntukkan bagi pembalap Development Driver.

Demikian keterangan yang diperoleh OTOMOTIF dari media relations Rio Haryanto (23/11).

Ini merupakan kesempatan Jordan mengemudikan mobil F1 untuk pertama kalinya. Sementara Rio sudah dua kali pada tahun 2010 dan 2012. Namun ini kesempatan pertama Rio dengan mobil F1 hybrid turbo sesuai regulasi 2014.
 
Di ajang GP2, Rio berada di urutan keempat klasemen pembalap sedangkan Jordan di posisi 12. Jordan disebut telah menghadiri dua Grand Prix tahun ini bersama Manor.

Yakni di Austin dan Meksiko dalam kapasitas di luar perlombaan tapi bekerja sangat dekat dengan tim dan para pembalap untuk menambah pengalamannya.
 
"Kami berharap dapat memberikan Rio dan Jordan kesempatan untuk mengemudikan MR03B di Abu Dhabi pekan depan. Untuk Jordan, ini adalah bagian yang telah direncanakan dari perannya di 2015 sebagai Development Driver, setelah menjalani satu musim bersama tim dalam kapasitas pembelajaran dan ditambah dengan performa sangat menjanjikan di GP2 musim ini,” ujar John Booth, prinsipal tim Manor Marussia.  

“Rio telah mengemudikan dua mobil kami pada tes-tes sebelumnya, sekali di Abu Dhabi 2010 dan sekali di Silverstone 2012. Pada tahun 2010, ia saat itu masih berusia sangat muda, 17 tahun, tapi kami tahu kami ia memiliki masa depan yang cerah dengan beberapa musim pengalaman di GP2”.

“Kami berharap dapat melihat evaluasi berkelanjutan dari potensinya di atas mobil F1. Kedua pembalap telah memiliki pengalaman yang luas memakai ban Pirelli di GP2 dan khususnya dengan banyak tes GP2 yang telah digelar di Abu Dhabi, mereka berada dalam posisi yang tepat untuk membantu kami dalam evaluasi program Pirelli pekan depan,” ujar Booth.

Sementara itu Rio menyambut gembira kesempatan ini.

"Saya sangat menantikan kesempatan untuk kembali bersama tim pada tes Abu Dhabi. Dalam banyak hal, pada dasarnya ini adalah tim yang sama meski mobil cukup berbeda dengan dua kali tes yang saya jalani sebelumnya,” ujarnya.

“Saya merasa berada dalam posisi yang sangat berbeda dari sisi persiapan saya untuk tes ini dan setelah satu musim yang sangat kompetitif di GP2, saya tidak sabar untuk menunjukkan seberapa banyak saya telah berkembang sebagai pembalap yang lebih komplet,” pungkas pembalap yang didukung Pertamina ini.

 

 

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top