Rabu,11 Jan 2017 15:15 WIB

Penulis: fendi

Pereli Peugeot Bersaing Ketat di Stage 8 Reli Dakar 2017

  • Foto: Flavien Duhamel/Red Bull Content Pool

    Ban mobil sempat bocor dan kehilangan waktu, Sebastien Loeb bisa finish lebih cepat di stage 8

  • Foto: Flavien Duhamel/Red Bull Content Pool

    Pada medan yang masih digenangi air akibat hujan sejak akhir pekan lalu, Cyril Despres kembali jadi pereli ketiga tercepat keseluruhan

  • Foto: Flavien Duhamel/Red Bull Content Pool

    Kondisi trek yang sulit masih dihadapi peserta di stage 8, seperti saat dilewati pereli Mini dari tim Orlen, Jakub Przygonski

Argentina – Sebastien Loeb merebut kembali pimpinan reli Dakar 2017, ketika mendominasi stage 8 yang rutenya menyeberang dari Bolivia ke Argentina pada hari Selasa (10/1).

Sebastien Loeb yang start di tahapan delapan ini tertinggal satu menit lebih di belakang pimpinan lomba Stephane Peterhansel, bisa menyalip rekan setimnya di Peugeot itu.

Pada rute dari Uyuni di Bolivia ke Salta di Argentina, rutenya dipotong 73 km di wilayah Bolivia (dari 492 km jadi 419 km) akibat sungai meluap setelah hujan beberapa hari.

Di awal tahapan, Stephane Peterhansel memimpin, namun akibat berhenti sejenak, ia kehilangan waktu dan membuatnya didahului Sebastien Loeb pada jalan menuju zona netral.

Di wilayah Argentina, Loeb terus meningkatkan keunggulannya sampai lima menit di depan Stephane Peterhansel. Tetapi roda mobilnya bocor, memaksanya berhenti untuk mengganti roda dan kehilangan waktu.

Meski begitu, Loeb masih lebih cepat tiga menit di akhir lomba dan cukup baginya untuk mengambil alih posisi teratas. Catatan waktunya secara keseluruhan lebih cepat 1 menit 38 detik dari Peterhansel.

Cyril Despres, juara di kategori sepeda motor lima kali, melengkapi dominasi Peugeot yang finish 1-2-3 di stage 8 ini. Finish di urutan tiga, tertinggal lebih dari lima menit di. Posisinya pun  naik ke undakan ketiga, menyalip pereli tim Toyota Nani Roma.

"Saya ingin mencoba untuk membuat jarak hari ini, tetapi saya ban saya bocor di bagian terakhir tahapan, jadi saya kehilangan beberapa menit untuk mengganti roda," kata Loeb.

"Tetapi itu enggak apa-apa, masih waktu yang terbaik," imbuhnya.

Loeb akan terus memimpin hingga hari berikutnya, Rabu (11/1).  Pasalnya, stage 9 dari Salta ke Chilecito berjarak 977 km (jarak kompetisi 406 km), dibatalkan akibat ada batu longsor. (Otomotifnet.com)

Klasemen Keseluruhan Setelah Stage 8
1. Sebastien Loeb    Peugeot     20jam 10mnt 05dtk
2. Stephane Peterhansel    Peugeot     +1mnt 38dtk
3. Cyril Despres    Peugeot     +17mnt 17dtk
4. Nani Roma    Toyota     +23mnt 36dtk
5. Mikko Hirvonen    Mini     +53mnt 41dtk
6. Giniel de Villiers    Toyota     +1jam 21mnt 44dtk
7. Orlando Terranova    Mini     +1jam 26mnt 47dtk
8. Kuba Przygonski    Mini     +1jam 42mnt 18dtk
9. Boris Garafulic    Mini     +2jam 42mnt 57dtk
10. Romain Dumas    Peugeot     +3jam 09mnt 17dtk

EDITOR

fendi

Top