Rabu,2 Des 2015 21:30 WIB

Penulis: Iday

Rio Haryanto Terkesan Dengan Mobil F1 Yang Jauh Berbeda

Foto: Media relations Rio Haryanto

Rio Haryanto saat tes ban Pirelli di Abu Dhabi

Rio Haryanto baru saja kembali ke tanah air. Ia telah menyelesaikan tes ban Pirelli dengan memakai mobil F1 Manor Marussia di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi (1/12).

Rio melakukan tes sebanyak 56 putaran dengan waktu tercepat 1:49,593 dengan mobil MR03 yang biasa dipakai Will Stevens.

Tahun ini, Manor Marussia dibekali mesin Ferrari turbo hybrid. Mobil ini jauh berbeda dengan mobil F1 yang pernah dijajal Rio sebelumnya. Begitu pun dengan mobil GP2 yang mengantarnya berada di posisi 4 klasemen pembalap 2015.

"Sudah cukup lama sejak terakhir kali saya mengujicoba mobil Formula 1 bersama Manor juga pada tahun 2012. Mobil-mobil sekarang cukup banyak berbeda, terutama sehubungan dengan pengembangan-pengembangan mesin baru, jadi butuh beberapa saat untuk membiasakan diri dengan perubahan-perubahan, khususnya manajemen mesin,” tuturnya.

“Meski demikian, sepanjang sesi pagi berjalan saya selalu memperbaiki catatan waktu dan tanpa masalah saya dapat mengikuti program dengan baik. Tentu ini merupakan tes Pirelli, sehingga program ditentukan oleh kebutuhan mereka,” lanjutnya

“Tapi saya senang dengan tugas yang telah saya laksanakan dan sangat bahagia mendapat kesempatan mengemudikan mobil F1 lagi serta menunjukkan apa yang dapat saya lakukan. Saya ingin berterima kasih kepada Manor untuk kesempatan ini dan semua pihak yang terus mendukung saya.”

Rio menjalankan sesi pagi sementara rekan Rio dari GP2 yang juga mengetes mobil ini, Jordan King menjalani sesi sore dengan catatan waktu 1:49,661. Jordan menjalani 59 putaran di kesempatan pertamanya mengemudi mobil F1.

 

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top