Senin,11 Jan 2016 01:30 WIB

Penulis: fendi

Sean Gelael Juara Asian Le Mans Series

Foto: Tim Jagonya Ayam with Eurasia

Keberhasilan ini meningkatkan kepercayaan diri Sean Gelael (kanan) yang akan berkompetisi penuh di GP2

Buriram - Pembalap Indonesia Sean Gelael membuka tahun 2016 dengan prestasi gemilang, menjuarai putaran ketiga Asian Le Mans Series (ALMS), balap ketahanan selama tiga jam di sirkuit Chang, Buriram, Thailand, Minggu (10/1).

Keberhasilan Sean yang berpasangan dengan Antonio Giovinazzi di tim Jagonya Ayam with Eurasia itu, tak lepas dari penampilan primanya selama sesi latihan hari Jumat-Sabtu. Di sesi kualifikasi, pembalap berusia 19 tahun itu menorehkan waktu tercepat.

Start dari posisi terdepan, Sean memimpin hingga lap keempat, namun sempat menemui kendala saat memasuki putaran berikutnya. Ban belakang mobilnya pecah sehingga posisinya melorot ke urutan 15 dari 16 peserta. Beruntung, insiden itu tak membuat Sean panik.

Sean tetap tenang dan berusaha menyalip satu demi satu lawannya. Setelah berjuang keras selama hampir 50 menit, Sean berhasil merebut kembali tampuk pimpinan lomba.

Ia bahkan mampu meninggalkan tim Algarve Pro Racing, yang berada di posisi kedua, hingga satu putaran saat bergantian dengan Antonio di lap ke-63. Pembalap asal Italia ini sukses mempertahankan posisi terdepan hingga balapan sebanyak 113 putaran itu berakhir.

Asian Le Mans Series 2016 Buriram Jagonya Ayam Sean Gelael
Sean Gelael tampil cemerlang pada balapan pertamanya di Asian Le Mans Series

Sean dan ayah-ibunya, Ricardo Gelael dan Sri Sudarini, menyambut Antonio dengan pelukan. Sean pun tak lupa membawa bendera Merah-Putih ke atas podium.

“Terima kasih kepada tim yang sudah bekerja keras menyiapkan mobil yang kompetitif. Ini modal yang bagus dan menambah semangat saya untuk kembali menjadi juara di Sepang,” ungkap Sean.

Seri terakhir Asian Le Mans Series akan berlangsung di sirkuit Sepang, Malaysia, 24 Januari mendatang.

Keberhasilan ini diharapkan meningkatkan kepercayaan diri Sean yang akan tampil di balap GP2 tahun ini. “Salah satu tujuan tampil di Asian Le Mans Series untuk menambah rasa percaya diri Sean. Saya senang itu tercapai,” ujar Ricardo Gelael.

Antonio pun girang dengan gelar perdana di awal tahun. “Semua terasa sempurna. Aku berterima kasih kepada tim Jagonya Ayam atas dukungannya selama ini,” katanya.

ALMS berbasis dari balap ketahanan Le Mans 24 Jam. Balapan yang diikuti Sean ini kompetisi 2015-2016 yang menggelar 4 seri: sirkuit Fuji, Jepang (10 Oktober 2015), Sepang (8 November 2015), Buriram (10 Januari 2016) dan Sepang (24 Januari 2016). Sean turun di kelas LMP2 yang diikuti 4 tim. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top