Sabtu,23 April 2016 20:45 WIB

Penulis: DAB

Scrutineer & Technical Delegate Training

Serunya Berguru Scrutineering di Bali

Foto: DAB

Suasana ruangan pelatihan scrutineering di Bali (23/4)

BALI - Ikatan Motor Indonesia (IMI) bekerjasama dengan Federation International de l'Automobile (FIA) menggelar pelatihan pengecekan mesin atau scrutineering di Kuta, Bali (23/4). Dalam cara ini terdapat 30 peserta dari lima negara; Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Australia. 

Pelatihnya pun dari Australia, mereka adalah Scott McGrath dan David Mori. Keduanya merupakan chief scrutineering atau pemimpin pengecekan mesin di F4 Australia. 

Scott McGrath saat memberikan penjelasan mengenai cara menyegel mesin

Scott McGrath saat memberikan penjelasan mengenai cara menyegel mesin yang sudah melewati proses scutineering

Tak pelak pengalaman keduanya sangat memberikan ilmu baru bagi peserta yang sebagian besar masih awam. Scott McGrath pun menerangkan bahwa peran scrutineering dan chief scrut sangat penting. 

"Peran chief scrut itu sangat penting karena memberikan keputusan akan lulus tidaknya pembalap dalam pengecekan tersebut. Maka dari itu, chief scrut harus seseorang yang sangat paham regulasi dan bisa menerapkannya dengan sangat baik," ujar Scott McGrath dalam pelatihan yang ia berikan. 

David Mori yang kerap kali bercanda sambil menyampaikan materi
David Mori yang kerap kali bercanda sambil menyampaikan materi
Briefing sebelum praktek pengecekan mesin
Briefing sebelum praktek pengecekan mesin menggunakan mobil reli milik Sadikin Aksa

Kata Scott, hal pertama yang harus dicek dari sebuah mobil balap bukan lah mesinnya, melainkan aspek keamanan dari mobil tersebut. Menurutnya, percuma jika sebuah mobil dengan mesin yang bagus tetapi tidak memiliki aspek keamanan yang baik. 

OTOMOTIFNET mendapatkan kesempatan untuk ikut serta dalam pelatihan tersebut. Untuk info dan keseruan lainnya, pantengin terus www.otomotifnet,com dan Tabloid OTOMOTIF pekan depan yah. (otomotifnet.com)

EDITOR

Joni Lono Mulia

Top