Jumat,7 Okt 2016 10:40 WIB

Penulis: DAB

Tiga Pembalap MotoGP Ini Sudah Pernah Menjajal Mobil F1

Foto: MotoGP

Jorge Lorenzo ketika bersiap mengebut dengan Mercedes F1

OTOMOTIFNET - Dalam ajang balap, sudah tidak asing jika seorang pembalap mencoba kendaraan lain yang biasanya tidak ia gunakan saat balapan. Seperti halnya pembalap MotoGP menjajal mobil F1. 

Kemarin (6/10), pembalap Movistar Yamaha MotoGP, Jorge Lorenzo menarik perhatian dengan menjajal mobil F1 Mercedes di sirkuit silverstone, Inggris. Jorge Lorenzo menggunakan mesin Mercedes F1 milik Hamilton pada musim 2014, namun dengan aerodinamina terbaru. 

Jorege Lorenzo
Jorege Lorenzo dan tim Mercedes saat ia menjajal mobil F1 di sirkuti silverstone, Inggris (6/10).

Jorge Lorenzo menjajal mobil Mercedes F1 karena kerjasama dari Monster Energy dan ini merupakan pengalaman berharga bagi pembalap asal Spanyol tersebut. 

"Ini merupakan pengalaman berharga. Saya pun sangat puas dengan catatan waktu saya di lap terakhir, para mekanik di Mercedes sangat membantu pengalaman pertama saya ini," ujar Lorenzo. 

Selain Lorenzo, ada dua nama pembalap MotoGP lainnya yang pernah menjajal jet darat tersebut. Mereka adalah Mick Doohan dan Valentino Rossi. 

Mick Doohan menjajal mobil F1 milik tim Williams dengan mesin FW19. Kala itu, legenda MotoGP asal Australia itu melakukan tes di sirkuit Catalunya, Spanyol pada tahun 1998. 

Valentino Rossi ketika membesut mobil F1 milik Ferrari
Valentino Rossi ketika membesut mobil F1 milik Ferrari

Pun demikian dengan Valentino Rossi yang mencoba mengebut dengan mengendarai mobil F1 Ferrari pada tahun 2008. The Doctor memang bukan hanya mencoba mobil F1, sudah banyak mobil balap yang sudah ia coba, contohnya mobil reli. 

Namun, mengendarai mobil F1 jadi pengalaman berkesan tersendiri bagi pemegang sembilang gelar juara dunia tersebut. Sekedar Informasi, jika tiga pembalap di atas hanya menjajal mobil F1, lain halnya dengan John Surtees. 

John Surtees adalah pembalap asal Inggris yang mampu meraih gelar juara dunia di MotoGP dan juga F1. Ia memegang empat gelar MotoGP (1956,1958,1959,1960) dan satu gelar juara dunia F1 pada tahun (1994). 

Dia menjadi satu-satunya manusia di dunia yang memegang gelar juara dunia tertinggi di ajang balap motor dan balap mobil. (otomotifnet.com)

 

 

EDITOR

DAB

Top