Senin,7 Des 2015 23:45 WIB

Penulis: fendi

Toyota Turunkan 3 Mobil Yaris di WRC 2017

Foto: WRC

All-new Toyota Yaris akan segera dibuat oleh tim yang dipimpin Tommi Makinen

Eropa – Toyota yang akan kembali berkompetisi di kejuaraan dunia reli (WRC) pada 2017, bisa menurunkan tiga mobil reli all-new Toyota Yaris World Rally Car, kini tim tengah membahas siapa pereli yang akan memperkuat skuad mereka.

Demikian dikatakan team principal Tommi Makinen baru-baru ini. Mantan juara dunia reli 4 kali asal Finlandia ini bertugas menggawangi kembalinya pabrikan Jepang itu ke WRC setelah absen 17 tahun.

Makkinen mengatakan pembicaraan dengan pereli potensial sudah dimulai. “Kami tengah mendiskusikan pereli untuk 2017, mengingat kami berharap memasukkan setidaknya dua, jika tidak tiga, kendaraan di kejuaraan nanti,” katanya.

Tim bisa saja menerapkan strategi seperti dilakukan tim VW dan Hyundai di WRC saat ini dengan menjalankan dua tim. Makkinen juga mengungkapkan timnya akan mulai membangun Yaris pertama segera mungkin.

WRC Toyota Yaris Tommi Makinen
Tommi Makinen dibantu sejumlah tokoh kunci dari negaranya, Finlandia

“Saat ini kami sedang dalam proses merancang mobil. Engineers dan desainer tim kami, bersama dengan pemasok kami, telah bekerja tanpa lelah untuk memenuhi jadwal dan mengembangkan mobil yang bisa jadi pemenang,” jelas Makkinen.

Ia memperkirakan uji coba akan dilakukan pada musim semi 2016. Rencananya akan di uji coba di Finlandia dan seluruh dunia.

Pria berusia 51 tahun itu juga mengkonfirmasi siapa saja orang-orang yang akan membantunya di tim Toyota. Kebanyakan sih dari Finlandia. Di antaranya mantan co-driver Mikko Hirvonen, Jarmo Lehtinen bergabung sebagai direktur sport.

Selain itu, Michael Zotos yang pernah jadi rally engineer Makkinen saat menggeber Subaru, diangkat menjadi direktur teknis dan Simon Carrier yang memimpin desain Ford Focus RS di tim M-Sport menjadi kepala desain.

Tom Fowler, engineer Mikko Hirvonen di tim Ford menjabat kepala engineering dan Mikko Ruoho, engineer Tommi Makinen Racing sejak 2007 menjadi kepala elektronik.

Waaahh.. tim Jepang ‘berdarah’ Finlandia nih. (otomotifnet.com)

 

EDITOR

fendi

Top