Senin,7 Maret 2016 19:30 WIB

Penulis: fendi

WRC Seri 3

Volkswagen 12 Kali Menang Berurutan

  • Foto: Volkswagen Motorsport facebook

    Jari-Matti Latvala merayakan kemenangan pertamanya musim ini dan kemenangan beruntun ke-12 tim VW

  • Foto: Volkswagen Motorsport facebook

    Jari-Matti Lavtala (kanan) bersama co-drivernya menjalankan strategi cerdik karena start tidak dari paling depan

  • Foto: Volkswagen Motorsport facebook

    Sebastien Ogier (kanan) dan co-drivernya, menyerah di hari ketiga tetapi memenangkan Power Stage di hari terakhir

Meksiko – Keberhasilan Jari-Matti Latvala memenangkan reli Meksiko (3-6/3), sekaligus mempersembahkan kemenangan 12 kali berturut-turut untuk tim Volkswagen Motorsport.

Sebelum lomba dimulai, juara dunia bertahan Sebastien Ogier yang berambisi memberi kemenangan berurutan itu. Pasalnya, selain menguasai reli Meksiko dalam tigas tahun terakhir, pada ronde ketiga ini merupakan penampilan Ogier ke-100 di WRC.

Jelas jadi momen bersejarah bagi Sebastien Ogier jika bisa mewujudkan niatnya itu. Ogier pun langsung tancap gas di hari pertama.

Namun sebagai peserta yang melaju paling awal, Ogier menjadi penyapu jalan di trek gravel yang licin. Ini memberi keuntungan bagi para kontestan yang start di belakangnya karena mendapat lintasan yang bersih.

WRC 2016 Meksiko VW Andreas Mikkelsen
Andreas Mikkelsen gagal membuat VW 1-2-3 setelah ia keluar lintasan di hari ketiga saat tengah berjuang masuk 3 besar

Akibatnya ia tidak kuat menjaga keunggulannya di depan. Posisinya pun diambil rekan setimnya Jari-Matti Lavtala yang mendominasi hari kedua dan ketiga. Di hari ketiga Ogier megaku sudah pasrah dan tidak memiliki kesempatan untuk mengejar Latvala.

Alhasil, Jari-Matti Lavtala melenggang aman untuk meraih kemenangan ke-16 dalam kariernya di WRC. Setelah menjalani awal musim yang buruk, tidak finish di reli Monte Carlo dan finish urutan 26 di Swedia.

Ia membawa VW menang 12 kali beturut-turut sejak reli Portugasl, Mei tahun lalu. Menyamai rekor kemenangan pabrikan asal Jerman ini pada 2013-2014.

VW yang kembali berkiprah di WRC sejak 2013 menggunakan Polo R, total sudah mengantongi 37 kali menang, meraih juara dunia pereli dan pabrikan 3 kalai dalam tiga tahun terkahir.

“Ini adalah perlawanan dan fantastis rasanya. Saya memiliki awal yang sulit musim ini dengan tidak memperoleh point,” kata Latvala memulai lomba dengan pikiran tidak bagus karena gagal dapat point di dua ronde sebelumnya tetapi menjalani lomba kali ini tanpa masalah. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top