Rabu,18 Nov 2015 16:45 WIB

Penulis: otonet

Wah, Konsep Caketum PP IMI Sadikin Aksa Mirip Konsep Marketing

Foto: Iday

Wah, Konsep Caketum PP IMI Sadikin Aksa Mirip Konsep Marketing


 
Dalam presentasi program kerjanya di Arcadia, Senayan, Jakarta (18/11), calon ketua umum PP IMI, Sadikin Aksa menyampaikan program kerjanya jika kelas terpilih. Y 3C; Change, Communication dan Clear.

Wah, ini sepintas mirip sama ilmu marketingnya begawan marketing Hermawan Kartajaya yang menyinggung soal Customer, Competitor, Change, Company dan Connector (5C).

Tetapi memang, apa yang disampaikan Ikin, sapaan Sadikin Aksa, bukan asal bikin. Di belakangnya, ada ‘mesin politik’ yang bekerja
komprehensif, termasuk konsultan.
 
“Betul, ada konsultan. Sudah empat bulan ini sejak mulai,” akunya.

Inti dari Change adalah perubahan yang mendasar menyangkut peran IMI, tak terkecuali kemungkinan perubahan AD/ART. Salah satu contoh, menjadikan event-event IMI sebagai industri yang mempromosikan produk-produk.

Lalu Communication yakni komunikasi yang dijalin dengan pengprov seluruh Indonesia. Mereka yang memberi masukan harus direspon dengan cepat. Komunikasi juga bukan cuma sekadarnya.

“Kita berdayakan IMI, apa yang menjadi masukan pengprov ditindaklanjuti dengan cepat. Bukan hanya ketemu di event olahraga atau rakernas, komunikasi dengan pengprov akan kita ada rutin,” ucap Ikin.

Sementara Clear, yakni transparansi. “Apa yang IMI punya, apa yang IMI dapatkan, semua bisa tahu layaknya perusahaan,” ujarnya.
 

EDITOR

fauzi

Top