Minggu,3 Jan 2016 16:00 WIB

Penulis: fendi

Reli Dakar 2016

Wanita Hamil Ketabrak Mobil Peserta Reli Dakar

  • Foto: Javier Chacon/twitter

    Detik-detik kecelakaan yang dialami Guo Meiling di kilometer 6,6 pada tahapan Prologue

  • Foto: Javier Chacon/twitter

    Mobil Mini yang dikendarai pereli wanita asal Tiongkok, Guo Meiling kehilangan kendali ke arah penonton

  • Foto: Javier Chacon/twitter

    Mobil Mini yang dikendarai Guo Meiling terus meluncur ke arah kerumunan penonton mengakibatkan setidaknya 10 orang cedera

  • Foto: Javier Chacon/twitter

    Pereli asal Tiongkok, Guo Meiling dikabarkan juga mengalami cedera usai mengalami kecelakaan

Buenos Aires – Reli Dakar 2016 baru saja dibuka dengan sesi Prologue, Sabtu (2/1) di Buenos Aires, namun sudah terjadi insiden ketika mobil peserta keluar trek dan menyeruduk penonton, termasuk wanita sedang hamil.

Tahapan Prologue untuk menentukan posisi start peserta yang akan menjalani tahapan pertama hari Minggu (3/1), dengan rute Rosario menuju Villa Carlos Paz. Ada empat jenis kendaraan yang berkompetisi: sepeda motor, quad, mobil dan truk.

Sesi ini dari ibu kota Argentina, Buenos Aires menuju Rosario sepanjang 11 km. Namun pada kilometer 6,6 terjadi kecelakaan yang dialami pereli asal Tiongkok, Guo Meiling.

Meiling yang mengendarai mobil Mini nomor 360, merupakan wanita Tiongkok pertama yang berkompetisi di Dakar. Diperkirakan ada 50 sampai 60 ribu orang menyaksikan tahapan Prologue.

Panitia melaporkan ada empat orang yang cedera dan menangguhkan tahapan itu. Penonton yang terluka sudah dibawa ke rumah sakit setempat.

Namun menurut situs abc.net.au mengutip kantor berita AFP, mobil yang keluar jalur saat melaju kencang itu menyebabkan setidaknya 10 orang terluka, 5 di antaranya luka serius.

Penyelenggara lomba segera mengerahkan 4 helikopter medis, 3 kendaraan medis milik panitia dan 8 ambulans milik setempat ke lokasi kejadian.

Reli Dakar 2016 kecelakaan Mini Guo Meiling
Tim medis segera mengevakuasi penonton yang cedera setelah diseruduk mobil peserta reli Dakar 2016

Seorang pria dan anak laki-lakinya berusia 14 tahun, dua di antara korban luka serius dan segera dilarikan ke rumah sakit.

“Total kami memiliki 10 pasien, termasuk empat anak dan seorang wanita hamil yang baik-baik saja,” kata Daniel Modesto, kepala rumah sakit setempat.

Dalam sebuah pernyataan, direktur lomba Etienne Lavigne mengatakan belasan orang terluka, termasuk Meiling. Kecelakaan ini membuat mobil Mini yang dikendarai Meiling hancur, kap mesinnya terhempas ke bawah.

Pada 2015 pengendara sepeda motor asal Polandia, Michal Hernik meninggal pada tahapan akhir. Tetapi kecelakaan terakhir yang melibatkan penonton di reli Dakar terjadi pada 2011, ketika satu orang tewas.

Pada tahapan Prologue, pereli Belanda yang mengendarai Toyota Hilux, Bernhard Ten Brinke melaju paling cepat, diikuti Carlos Sainz (Peugeot), Xavier Pons (Ford Ranger). Pendatang baru Sebastien Loeb (Peugeot) masuk di 10 besar.

Kategori sepeda motor, Joan Barreda (Honda) berada di depan, meninggalkan Ruben Faria (Husqvarna) dan Helder Rodrigues (Yamaha) di urutan ketiga. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top