Rabu,9 Sept 2015 17:18 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

WRC : Kecelakaan, Mads Ostberg Mundur Reli Karena Tulang Iga Patah

Foto: Mads Ostberg facebook

WRC : Kecelakaan, Mads Ostberg Mundur Reli Karena Tulang Iga Patah


Perth – Event belum dimulai, tetapi pereli tim Citroen, Mads Ostberg mundur dari reli Australia (10-13/9) setelah tulang iganya patah akibat kecelakaan saat meninjau rute reli Selasa sore (8/9).

Mads Ostberg dan co-driver Jonas Andersson kecelakaan ketika meninjau rute yang akan dipakai reli menggunakan mobil milik penyelenggara.

Setelah insiden, dilakukan medical check-up. Ostberg dinyatakan boleh melanjutkan aktivitasnya. Jonas mengalami memar-memar. Namun kemudian Ostberg menarik diri.

“Kami meneruskan peninjauan, namun tidak mungkin bagi kami untuk mengikuti reli,” jelasnya. “Ini kekecewaan besar karena kami pikir akan kompetitif dan bertarung untuk kembali merebut posisi kedua klasemen kejuaraan dunia,” lanjutnya.

Posisinya digantikan pereli Perancis yang sedang naik daun, Stephane Lefebvre yang langsung terbang untuk bergabung ke Australia.

“Saya benar-benar prihatin dengan Mads dan Jonas, saya berharap mereka akan segera kembali beraksi,” kata Lefebvre yang mengaku belum pernah mengemudikan DS3 WRC di gravel.

“Biasanya saya mempersiapkan diri untuk reli beberapa minggu sebelumnya, mengamati hasil reli edisi sebelumnya untuk terbiasa dengan tahapan (trek yang dilalui). Ini tidak memungkinkan, tetapi semua pengalaman itu bagus. Terima kasih Citroen Racing atas kepercayaannya,” imbuhnya.

Ia akan ditemani co-driver Stephane Prevot. Manajer tim Marek Nawarecki sangat kecewa dengan musibah yang dialami Ostberg.

“Mereka memiliki motivasi dan potensi untuk mencapai hasil yang sangat baik di sini. Tanpa persiapan yang tepat, kita tidak bisa mengharapkan Stephane akan kompetitif tetapi baginya ini kesempatan baru untuk belajar,” kata Nawarecki.

“Kami meminta dia untuk menyelesaikan reli mencetak point buat kejuaraan pabrikan,” imbuhnya.


Lewat media sosial, Mads Ostberg meminta maaf atas keputusannya mundur dari reli Australia. “Kami berdua merasa sakit dari cedera yang kami alami. Kami beruntung lolos, tetapi kami mendapat hantaman akibat benturan keras,” tulisnya.

Ostberg akhir berpikir tidak bisa berkompetisi dalam kondisi seperti ini. Padahal ia menganggap reli Australia sangat penting untuk memperjuangkan posisinya ke tiga besar.

Ostberg berada di peringkat empat klasemen dengan 90 point. Tertinggal 8 point dari Andreas Mikkelsen di depannya dan terancam dikejar Thierry Neuville dengan beda 10 point. (otosport.otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top